KONST (Studi TRUKSI M Pengguna MEDIA T a Behel Gi TELEVISI gi di Kala I DALAM angan Mah M FENOME hasiswi Un ENA GAY niversitas YA HIDUP Bengkulu P u)

TUZZAHRI, AMINA (2016) KONST (Studi TRUKSI M Pengguna MEDIA T a Behel Gi TELEVISI gi di Kala I DALAM angan Mah M FENOME hasiswi Un ENA GAY niversitas YA HIDUP Bengkulu P u). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (thesis)
amina pdf.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Mahasiswi merupakan bagian dari sosial masyarakat yang retan mengadopsi hal-hal baru, dan menjadikan berperilaku kosumtif. Peneliti melihat bahwa pembentukan perilaku kosumtif mahasiswi tidak terjadi secara instan. Ada proses-proses konstruksi media yang membangun perilaku kosumtif mahasiswi dalam menggunakan behel gigi itu kemudia terbentuk. Sehingga penelitian yang berjudul “Konstuksi Media Televisi Dalam Fenomena Gaya Hidup (Studi Pengguna Behel Gigi di Kalangan Mahasiswi Universitas Bengkulu) ini adalah penelitian yang menganalisis gaya hidup mahasiswi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses Konstuksi Media Televisi bagaimana mahasiswi melihat Fenomena Gaya Hidup artis yang mengggunakan Behel gigi yang meliputi proses eksternalisasi, objektivasi, dan internalisasi dalam menggunakan Behel gigi. Informan pokok meliputi tujuh mahasiswi Universitas Bengkulu dengan informan tambahan yaitu Dokter Gigi. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, Analisis data Miles dan Huberman. Hasilnya menunjukkan bahwa perilaku mahasiswi Universitas Bengkulu terbentuk melalui tiga momen, yaitu: eksternalisasi, objektivasi, dan internalisasi. Proses eksternalisasi mahasiswi yaitu interaksi mahasiswi dengan kelompok sebaya, lingkungan sosial dan media. Proses objektivasi mahasiswi adalah pandangan mahasiswi mengenai objek Behel gigi, dari cara merawatnya dan harga. Proses internalisasi mahasiswi merupakan bagian dari ideologisasi mahasiswi, yang mencoba menempatkan Behel gigi bukan hanya objek dalam bentuk materi melainkan kebutuhan. Tetapi objek yang penting dalam memberikan status sosial di lingkungan sosial mahasiswi, sehingga persepsi mahasiswi yang muncul adalah dengan mengguanakan Behel gigi, maka mereka termasuk mahasiswi “cantik dan modis”. Secara individual, mahasiswi secara serentak dikarakterisasi oleh ketiga momen tersebut. Mahasiswi mengeksternalisasi keberadaannya sendiri ke dalam dunia sosial dan meninternalisasinya sebagai suatu kenyataan objektif. Kata Kunci: Konstuksi media, Gaya Hidup, Mahasiswi, Behel Gigi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 01 Nov 2017 04:37
Last Modified: 01 Nov 2017 04:37
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13691

Actions (login required)

View Item View Item