FENOMENA HIJAB OOTD (KAJIAN HIPEREALITAS TENTANG HIJAB OOTD MAHASISWA BENGKULU HIJABERS COMMUNITY DI INSTAGRAM)

RAHMAWATI, DEWINTA (2016) FENOMENA HIJAB OOTD (KAJIAN HIPEREALITAS TENTANG HIJAB OOTD MAHASISWA BENGKULU HIJABERS COMMUNITY DI INSTAGRAM). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (thesis)
SKRIPSI.docx.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Fenomena hijab ootd merupakan salah satu fenomena yang muncul akibat dari perkembangan teknologi. Perkembangan teknologi tersebut menghadirkan berbagai macam bentuk aplikasi yang dapat diakses salah satunya adalah media sosial instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemaknaan hijab serta ideologi konsumerisme melalui foto hijab ootd yang ditampilkan oleh anggota Bengkulu Hijabers Community di instagram. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan suatu keadaan secara nyata dan objektif. Penelitian ini menggunakan kajian hiperealitas dari Jean Baudrillard sebagai pisau analisisnya. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam terhadap 7 informan penelitian, foto, serta dibantu dengan studi dokumentasi dengan literatur yang ada seperti jurnal online, buku, dan pustaka online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fenomena hijab ootd dilatarbelakangi oleh perkembangan dunia fashion hijab yang mengalami peningkatan dalam beberapa tahun terakhir ini, yang dibawa oleh fashion blogger hijab dan fashion designer hijab yang ditampilkan melalui media sosial instagram sehingga tampilan para hijabers sekarang lebih fashionable dan stylih. Pada era sekarang sudah banyak berbagai komunitas yang hadir sebagai wadah aktualisasi maupun hasrat diri, salah satunya adalah Bengkulu Hijabers Community. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa anggota Bengkulu Hijabers Community menampilkan gaya berhijab yang stylish menunjang penampilannya yang stylish, mereka melakukan tindakan konsumtif dalam hal busana, hijab serta artefak hijab. Hal tersebut mengakibatkan hijab menjadi sebuah trend yang membentuk gaya hidup baru dan budaya yang populer di masyarakat. Sehingga terdapat tanda-tanda tersembunyi dibalik penggunaan hijab, diantaranya adalah (1) Terjadi pembelokan makna hijab yaitu hijab tidak hanya memiliki nilai keagamaan saja dan kewajiban dari sebagai seorang muslimah dalam hukum islam, tetapi juga memiliki nilai ekonomi dan prestise. (2) Tindak konsumtif dalam pembelian objek-objek hijab untuk menunjukkan identitas, citra diri serta kelas sosial sebagai seorang hijabers yang fashionable dan juga stylish dalam suatu kelompok (3) Konsumsi fashion hijab tidak lagi didasari atas kebutuhan saja melainkan sebagai pemenuhan hasrat dan kesenangan semata. Fenomena Hijab Ootd, Hiperealitas, Bengkulu Hijabers Community Instagram.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 01 Nov 2017 07:03
Last Modified: 01 Nov 2017 07:03
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13707

Actions (login required)

View Item View Item