STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AGAMA ISLAM DAN MORAL PADA ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 1 (TERAKREDITAS A) KOTA BENGKULU

Hasanah, Fitra and Jasma, Suardi and Parlan, Parlan (2017) STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AGAMA ISLAM DAN MORAL PADA ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 1 (TERAKREDITAS A) KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI FITRA HASANAH.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan anak usia dini sangat penting untuk dilakukan karena pada masa ini terjadi proses pembentukan kepribadian. Untuk itu nilai-nilai agama dan moral perlu ditanamkan kepada anak usia dini, agar anak terbiasa dengan nilai-nilai kebaikan dan dapat mengenal Tuhanya yaitu Allah SWT. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Bagaimana penanaman nilai- nilai agama Islam dan moral di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Kota Bengkulu. Metode penggumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang disajikan dalam bentuk kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif model yang dikembangkan oleh Burhan yaitu merekdusi data, penyajian data dan verifikasi (pengambilan keputusan / kesimpulan). Dari analisis yang penulis lakukan terdapat penanaman nilai-nilai agama dan moral di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Kota Bengkulu. Yang meliputi materi, atau nilai-nilai agama dan moral, proses, metode, evaluasi penanaman nilai-nilai agama dan moral di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Kota Bengkulu meliputi penanaman nilai aqidah, penanaman nilai ibadah, dan penanaman nilai akhlak yang disesuaikan dengan perkembangan karakteristik dan kemampuan anak didik. Materi nilai-nilai agama dan moral ditanamkan oleh guru kepada anak didik dikelas yaitu nilai aqidah , penanaman nilai ibadah dan nilai akhlak. Materi nilai aqidah yaitu mengenalkan tentang rukun iman dan rukun Islam. Nilai ibadah misalnya anak didik menirukan pelaksanaan kegiatan ibadah secara sederhana tata cara wudhu, sholat dan mengaji. Nilai akhlak meliputi akhlak terhadap guru, orang tua , akhlak terhadap sesama, dan akhlak terhadap alam. Pendidikan menggunakan berbagai metode pembiasaan, metode keteladanan, metode bernyanyi, metode bercerita, metode demonstrasi dan metode bermain.Evaluasi penanaman nilai–nilai agama dan moral sudah dilakukan yaitu dalam penilaian tugas-tugas yang diberikan guru, pengamatan harian, dan semesteran. Kata Kunci : Penanaman Nilai-nilai Agama Islam dan Moral Pada Anak Usia Dini.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 21 Jul 2023 03:02
Last Modified: 21 Jul 2023 03:02
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13712

Actions (login required)

View Item View Item