PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL PARTAI KEADILAN SEJAHTERA SEBAGAI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL PARTAI KEADILAN SEJAHTERA SEBAGAI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL PARTAI KEADILAN SEJAHTERA SEBAGAI SARANA PENYAMPAIAN INFORMASI KEPADA PUBLIK SARANA PENYAMPAIAN INFORMASI KEPADA PUBLIK SARANA PENYAMPAIAN INFORMASI KEPADA PUBLIK (Study Pada Penggunaan Media Sosial DPW PKS Bengkulu) (Study Pada Penggunaan Media Sosial DPW PKS Bengkulu) (Study Pada Penggunaan Media Sosial DPW PKS Bengkulu)

Nopan Ardianto, Eko (2016) PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL PARTAI KEADILAN SEJAHTERA SEBAGAI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL PARTAI KEADILAN SEJAHTERA SEBAGAI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL PARTAI KEADILAN SEJAHTERA SEBAGAI SARANA PENYAMPAIAN INFORMASI KEPADA PUBLIK SARANA PENYAMPAIAN INFORMASI KEPADA PUBLIK SARANA PENYAMPAIAN INFORMASI KEPADA PUBLIK (Study Pada Penggunaan Media Sosial DPW PKS Bengkulu) (Study Pada Penggunaan Media Sosial DPW PKS Bengkulu) (Study Pada Penggunaan Media Sosial DPW PKS Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (thesis)
PDF EKO.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimanakah penggunaan media sosial (Facebook dan Twitter) dalam penyampaian informasi Politik DPW PKS Provinsi Bengkulu. Metode atau pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskriptif kualitatif. Data diperoleh dengan metode pengumpulan data dokumentasi dan wawancara kepada Ketua DPW Partai Keadilan Sejahtra, Wakil Ketua DPW Partai Keadilan Sejahtra, Sekretaris Umum DPW Partai Keadilan Sejahtra, Bendahara Umum DPW Partai Keadilan Sejahtra, Bidang Humas DPW Partai Keadilan Sejahtra, Bidang Politik, Hukum dan Keamanan DPW Partai Keadilan Sejahtra. Data yang terhimpun melalui kegiatan penelitian dianalisis melalui tiga tahap: (1) Reduksi Data, (2) Penyajian Data, (3) Penarikan Kesimpulan Data yang telah terkumpul dan dianalisis maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut: Popularitas sebuah partai politik terhadap media sosial dapat membawa pengaruh yang cukup besar terhadap nama besar partai politik tersebut. Iklan atau berita politik dapat di ibaratkan seperti menjual produk kepala khalayak, yang di jual adalah nama besar partai politik tersebut dalam menarik perhatian khalayak ramai atau masyarakat. Berbagai trik atau intrik yang dilakukan partai politik dalam ajang kampanye di media sosial sebagai sarana penyampaian berita atau informasi politik, hal ini memunculkan respon yang ada di pikiran khalayak dan di tuangkan di dalam media sosial terkait penyampaianberita atau informasi politik tersebut. Penggunaan media sosial DPW Partai Keadilan Sejahtra sebagai sarana atau penyampaian informasi politik dapat memperlihatkan kuatnya proses pencitraan partai politik PKS Bengkulu, dengan menampilkan sosok partai agamis cendrung menampilkan kewibawaan sebuah partai dan kader-kader partai tersebut sehingga hal ini sudah melekat di kehidupan masyarakat pada umumnya. Penggunaan media sosial cukup segnifikan terkait dengan pencitraan datu populeritas sebuah partai politik dalam mempengaruhi opini publik terhadap partai PKS, serta media sosial efektif dalam mempengaruhi kelompok intelektual, dengan kebutuhan informasi atau berita politik mereka cendrung berinteraksilangsung atau berdiskusi secara langsung tanpa harus mengikuti kampanye yang mereka anggap tidak memberikan ruang dialogis. Kata kunci : Penggunaan, Media Sosial, Berita atau Informasi Politik

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 01 Nov 2017 07:24
Last Modified: 01 Nov 2017 07:24
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13714

Actions (login required)

View Item View Item