PENGARUH TAYANGAN BERITA KRIMINAL PEKARO RBTV TERHADAP PERILAKU REMAJA (Survei Kepada Remaja Kelurahan Pematang Gubernur Kota Bengkulu)

DAHLIA, ENA (2016) PENGARUH TAYANGAN BERITA KRIMINAL PEKARO RBTV TERHADAP PERILAKU REMAJA (Survei Kepada Remaja Kelurahan Pematang Gubernur Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (thesis)
Ena dahlia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tayangan kriminal pekaro di RBTV terhadap tindaan remaja (studi kasus pada remaja Kelurahan Pematang Gubernur Kota Bengkulu). Metode yang digunakan adalah kuantitatif, dengan variabel independen yaitu “ta yangan berita krimi na l pekaro di R BTV ”, dan variab el dependen yaitu prilaku remaja di Kelurahan Pematang Gubernur dengan teknik sampel menggunakan purposive sampling dan di peroleh sampel sebanyak 32 orang. Pengumpulan data data dilakukan melalui survei dengan menggunakan kuisioner dan wawancara. Selanjutnya teknik skoring menggunakan skla Likert. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hipotesis di uji dengan tingkat kepercayaan 95%, maksud dari tingkat kepercayaan 95% adalah penelitian ini kebenarannya mencapai 95% dan hanya mempunyai tingkat kesalahan 5%. Ha ini dapat ditoleransi dalam ilmu sosial. Penelitian ini membuktikan bahwa tayangan berita kriminal pekaro di RBTV berpengaruh signifikan terhadap prilaku remaja di Kelurahan Pematang Gubernur. Hal ini dapat dilihat bahwa nilai uji t hitung tabel lebih besar dari t . Jadi dapat disimpulkan hipotesa kerja di terima dan hipotesa nol di tolak. Hasil penelitian ini juga berhasil menguji teori Kultivasi sebagai landasan teori yang digunakan peneliti bahwa semakin sering remaja menghabiskan waktu untuk menonton televisi semakin kuat pula kecenderungan untuk menyamakan realita ditelevisi dengan realita sosial Sehingga dapat disimpulkan bahwa tayangan yang mengandung unsur kriminal ditelevisi dapat membuat remaja meniru tayangan tersebut. Hal ini berarti bahwa tayangan berita kriminal pekaro di RBTV mempengaruhi perilaku remaja Kelurahan Pematang Gubernur Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 01 Nov 2017 07:33
Last Modified: 01 Nov 2017 07:33
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13716

Actions (login required)

View Item View Item