KEMANDIRIAN TUNA NETRA DALAM USAHA KECIL KERAJINAN TANGAN (Studi Kasus Bapak Sarian Kelurahan Kota Medan Manna Bengkulu Selatan)

Fuspitasari, Indah and Rizkan, Rizkan and Izzudin, Izzudin (2018) KEMANDIRIAN TUNA NETRA DALAM USAHA KECIL KERAJINAN TANGAN (Studi Kasus Bapak Sarian Kelurahan Kota Medan Manna Bengkulu Selatan). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi INDAH FUSPITASARI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang kemandirian tuna netra dalam usaha kecil kerajinan tangan (studi kasus bapak sarian kelurahan kota medan manna bengkulu selatan). Subjek dalam penelitian ini sebanyak tiga orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif studi kasus dengan langkah sebagai berikut: Reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi mulai dari triangulasi subjek, triangulasi waktu, dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian tuna netra dalam usaha kecil kerajinan tangan. Bentuk kegiatan kemandirian tersebut meliputi dari proses usaha kecil kerajinan tangan: pengambilan bahan baku pembuatan kerajinan tangan, cara yang digunakan dalam membuat kerajinan tangan anyaman, penggunaan alat bantu dalam proses membuat kerajinan tangan, modal usaha kecil kerajinan tangan yaitu modal sendiri, dan inovasi dalam usaha kecil pembuatan kerajinan tangan: hasil karya kreatifitas, hasil kreasi, bentuk inspirasi, serta media yang menginovasi, inovasi yang dilakukan pengelola adalah bentuk kreativitas untuk meningkatkan nilai jual suatu barang, dan peninngkatan hasil usaha kecil kerajinan tangan. Dalam hal ini kemandirian seorang tuna netra yang mampu mengelola usaha kecil pembuatan kerajinan tangan, berpenghasilan, serta menginovasikan hasil karya kerajinan tangan yang bernilai ekonomis. Kata Kunci: kemandirian, tuna netra, usaha kecil

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 21 Jul 2023 03:20
Last Modified: 21 Jul 2023 03:20
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13723

Actions (login required)

View Item View Item