Keanekaragaman dan Hubungan Kekerabatan Pisang (Musaceae) di Kecamatan Curup Tengah Kabupaten Rejang Lebong Berdasarkan Karakter Fenetik

Setiawan, M.Reicky and Astuti, Sri and Evelyne, Riandini (2019) Keanekaragaman dan Hubungan Kekerabatan Pisang (Musaceae) di Kecamatan Curup Tengah Kabupaten Rejang Lebong Berdasarkan Karakter Fenetik. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
reicky skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Kajian jenis pisang dan hubungan kekerabatan pisang di Kecamatan Curup Tengah Kabupaten Rejang Lebong telah dilakukan dari bulan Januari – April 2019 di Kecamatan Curup Tengah dan Laboratorium Basic Science. Dari hasil penelitian ini ditemukan sebanyak 14 jenis dan berjumlah 73 individu dengan 2 genus yaitu Musa dan Ensete. Karakter fenetik paling menonjol dari jenis-jenis pisang yang ditemukan dapat dilihat berdasarkan warna tepi pelepah, bentuk kanal tangkai daun ke 3, warna permukaan bawah dan atas daun, bentuk buah, warna buah, perilaku bractea sebelum jatuh, bentuk free tepal dan jantung pisang. Hasil analisis hubungan kekerabatan pisang diperoleh fenogram hubungan kekerabatan dengan nilai koefisien kesamaan 0,40 – 0,67. Pada nilai koefisien kesamaan 0,40 fenogram terbagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok A dan B. Kelompok A terdiri atas 13 jenis pisang yaitu pisang muli, pisang udang, pisang mas, pisang jantan, pisang pendek, pisang tanduk, pisang kepok batu, pisang kepok lampung, pisang kepok lokal, pisang raja lido, pisang raja bulu, pisang gembor, dan pisang monyet, sedangkan kelompok B terdiri dari 1 jenis yaitu pisang petir. Kata Kunci : fendogram, hubungan kekerabatan, karakter fenetik, kunci determinasi, pisang (Musaceae).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Biology Science
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 08:54
Last Modified: 01 Aug 2023 08:54
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13724

Actions (login required)

View Item View Item