ANALISIS MINAT PENONTON TERHADAP TAYANGAN ACARA BERITA RBTV (Studi Kasus Pada Masyarakat Kelurahan Betungan Kota Bengkulu)

Ultri Lubis, Heldania (2016) ANALISIS MINAT PENONTON TERHADAP TAYANGAN ACARA BERITA RBTV (Studi Kasus Pada Masyarakat Kelurahan Betungan Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (thesis)
SKRIPSI HELDANIA ULTRI LUBIS D1E012079.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Televisi memiliki beberapa fungsi dalam penyiarannya, salah satunya adalah sebagai media informasi. Berdasarkan data Nielsen 15 Top Program 2015 didapatkan data bahwa dari 15 program tv yang diminati oleh masyarakat Indonesia tidak ada satupun program berita yang masuk dalam daftar tersebut. Data tersebut membuat peneliti tertarik untuk meneliti mengenai minat penonton terhadap tayangan acara berita di Provinsi Bengkulu. Tayangan acara berita yang peneliti gunakan adalah media RBTV. RBTV sebagai salah satu stasiun televisi swasta lokal di Provinsi Bengkulu hingga saat ini masih konsisten untuk menjadi stasiun tv yang fokus terhadap tayangan berita. Menggunakan metode penelitian kualitatif dengan bantuan teori uses and gratification yang mengulas mengenai audience yang aktif dalam memilih media guna memenuhi kebutuhannya. Pemilihan informan secara purposive sampling, dengan jumlah informan 10 orang. Lokasi penelitian terletak di kelurahan betungan kota Bengkulu. Penelitian ini fokus terhadap 2 permasalahan yaitu minat penonton dan faktor yang mempengaruhi minat tersebut. Dengan hasil penelitian bahwa seluruh informan mengaku berminat terhadap tayangan acara berita RBTV, frekuensi menonton berita mulai kurang dari 3 kali sampai setiap hari dalam seminggu, serta durasi menonton berita yang penuh terhadap beberapa program berita seperti pekaro dan laporan daerah, pekaro sebagai program berita yang paling diminati dan laporan hari ini sebagai program berita yang paling kurang diminati. 6 dari 10 informan mengaku minatnya berasal dari dalam diri sendiri (instrinsik) sedangkan 4 lainnya dipengaruhi oleh sesuatu diluar diri (esktrinsik). Dapat disimpulkan dari informan bahwa minat penonton terhadap tayangan acara berita RBTV itu terbentuk untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasannya akan informasi. Kata Kunci: minat, program berita, tayangan acara berita rbtv

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 01 Nov 2017 07:54
Last Modified: 01 Nov 2017 07:54
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13725

Actions (login required)

View Item View Item