EFEKTIVITAS SENYAWA PETROGENOL SEBAGAI ATRAKTAN LALAT BUAH (Bactrocera spp.) DI PERKEBUNAN JERUK KALAMANSI (Citrofortunella microcarpa Bunge) DESA PONDOK KUBANG, KECAMATAN PONDOK KUBANG BENGKULU TENGAH

HERRAHMAWATI, QORY and Helmiyetti, Helmiyetti and Risky, Hadi Wibowo (2019) EFEKTIVITAS SENYAWA PETROGENOL SEBAGAI ATRAKTAN LALAT BUAH (Bactrocera spp.) DI PERKEBUNAN JERUK KALAMANSI (Citrofortunella microcarpa Bunge) DESA PONDOK KUBANG, KECAMATAN PONDOK KUBANG BENGKULU TENGAH. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI_QORY HERRAHMAWATI_F1D015037_BIOLOGI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)

Abstract

Salah satu usaha pengendalian yang ramah lingkungan dalam menekan populasi lalat buah (Bactrocera spp.) adalah dengan menggunakan atraktan atau zat pemikat petrogenol yang mengandung senyawa metil eugenol. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui volume petrogenol yang efektif sebagai pengendalian lalat buah dan mengetahui jenis lalat buah yang terdapat di perkebunan jeruk kalamansi (Citrofortunella microcarpa Bunge) Lembaga Pengembangan Pertanian Baptis Desa Pondok Kubang, Kecamatan Pondok Kubang, Bengkulu Tengah. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei-September 2019 dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan tiga perlakuan dan enam kali ulangan. Perlakuan penggunaan volume petrogenol terdiri dari petrogenol dengan volume 1 ml/perangkap, 1,5 ml/perangkap dan 2 ml/perangkap. Data jumlah lalat buah yang tertangkap dalam steiner trap dianalisis dengan menggunakan One Way Anova dengan taraf signifikan 5% dan dilanjutkan dengan uji Duncan. Deskripsi dari spesies lalat buah dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan volume petrogenol yang efektif sebagai atraktan lalat buah yaitu volume 1,5 ml perkebunan jeruk kalamansi desa Pondok Kubang. Terdapat 2 spesies lalat buah yaitu Bactrocera umbrosa dan Bactrocera dorsalis. Kata Kunci : Jeruk Kalamansi, Bengkulu, Petrogenol, Bactrocera spp.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Biology Science
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 08:54
Last Modified: 01 Aug 2023 08:54
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13730

Actions (login required)

View Item View Item