PENGELOLAAN PELAKSANAAN PELATIHAN PROGRAM PAUD DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KOTA BENGKULU

Hasan, M. Bakri and Rizkan, Rizkan and Izzudin, Izzudin (2018) PENGELOLAAN PELAKSANAAN PELATIHAN PROGRAM PAUD DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi M.Bakri Hasan.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pelaksanaan Pelatihan Program PAUD di Sanggar Kegiatan Belajar Kota Bengkulu ini telah berhasil dalam pelaksanaannya sesuai dengan standar keberhasilan pelaksanaan suatu pelatihan. Penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sebagai informan penelitian yaitu Emanasiha S.Pd (ketua pelaksanaan pelatihan) dan Liwon Susanto (instruktur pelatihan). Hasil penelitian menunjukan: Pelaksanaan Pelatihan Program PAUD yang diselenggarakan oleh UPTD SKB telah berhasil dalam pelaksanaannya karena pelaksanaannya telah sesuai dengan standar keberhasilan pelaksanaan suatu pelatihan. Pelaksanaan pelatihan Program PAUD telah adanya ketepatan analisis kebutuhan pelatihan dan ketepatan perencanaan program pelatihan. Pertama, pelaksanaan Pelatihan Program PAUD sebelum pelaksanaanya telah diadakan analisis kebutuhan pelatihan dengan langkah awal menganalisis kebutuhan dan ketertarikan para pendidik PAUD sekota Bengkulu terhadap Program PAUD, setelah dianalisis diketahui bahwa banyak sekali yang yang membutuhkan dan tertarik untuk mengikuti kegiatan pelatihan Program PAUD, namun pada kenyataannya para pendidik PAUD sekota Bengkulu sangat sedikit sekali yang memiliki kemampuan dalam mengelola PAUD . Hal inilah yang menjadi latar belakang mengapa diadakan pelatihan Program PAUD, karena kemampuan mengelola PAUD sedang dibutuhkan oleh anak seusia 6 tahun. Kedua, pelaksanaan Pelatihan Program PAUD telah adanya ketepatan perencanaan program pelatihan yang meliputi : (a)adanya penetapan tujuan pelatihan (b)peserta pelatihan yang telah sesuai dengan kriteria peserta yang telah ditetapkan oleh pihak peyelenggara UPTD SKB (c)menyiapkan instruktur pelatihan sesuai dengan kompetensinya (d)materi yang diberikan kepada peserta pelatihan telah disesuaikan dengan kebutuhan belajar peserta pelatihan (e)metode telah disesuaikan dengan bahan materi yang diajarnya (f)silabus yang digunakan pada pelaksanaan pelatihan program PAUD ini telah disusun berdasarkan unsur-unsur rencana pembelajara pelatihan (g)fasilitas yang tersedia sudah lengkap sesuai dengan kebutuhan teori dan proses pelatihan (h)telah ada penyusunan waktu dan jadwal pelaksanaan pelatihan. ketiga, secara umum permasalahan terdapat pada kurangnya pembinaan terhadap peserta setelah mengikuti pelaksanaan pelatihan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 21 Jul 2023 03:31
Last Modified: 21 Jul 2023 03:31
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13733

Actions (login required)

View Item View Item