“ KAJI AN KREDI BI LITAS KESUKUAN PADA FI LM EXECUTIVE DECISION” (Studi Pada Anggota Intelectual Moslem Community FISIP Universitas Bengkulu)

ATMAJA, KUSUMA (2016) “ KAJI AN KREDI BI LITAS KESUKUAN PADA FI LM EXECUTIVE DECISION” (Studi Pada Anggota Intelectual Moslem Community FISIP Universitas Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (thesis)
Skripsi Kusuma Atmaja (D1E012078).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Media massa seperti televisi merupakan sesuatu yang sangat dekat dengan masyarakat. Hampir seluruh masyarakat dunia menggunakan atau menyaksikan siaran televisi. Dengan adanya kenyataan yang seperti ini maka muncullah pihakpihak tertentu yang ingin menggunakan media massa sebagai media penyalur untuk mendapatkan berbagai keinginan mereka. Tidak sedikit pula orang-orang menggunakan media massa sebagai alat kampanye untuk menybarkan kebencian dengan memainkan persepsi masyarakat melalui sebuah tayangan. Film merupakan salah satu media untuk mempersepsikan atau menggambarkan sesuatu. Pada saat ini dunia memang sering dikejutkan dengan maraknya kegiatan-kegiatan radikal atau terorisme, berbagai aksi teror yang diduga didalangi oleh kelompok-kelompok teroris asal Timur Tengah membuat panasnya hubungan antara negara Timur Tengah dengan negara-negara Barat dan Amerika. Amerika sering kali menyindir atau mempersepsikan dunia Arab melalui sebuah tayangan film, salah satu film yang menggambarkan hal tersebut adalah Executive Decision. Penelitian ini bertujuan untuk melihat persepsi dari komunitas Intelctual Moslem Community tentang film Executive Decision. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data wawancara secara mendalam kepada informan yang merupakan anggota Intelectual Moslem Community. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para informan menganggap Suku Arab tetap memiliki kredibilitas yang baik dan bertolak belakang dengan gambaran dalam film, meskipun mungkin ada beberapa dari Suku Arab yang berperilaku seperti dalam film itu hanya dilakukan oleh oknum-oknum tertentu saja, tidak bisa dianggap samarata secara keseluruhan. Kata kunci: Kredibilitas, Film, Persepsi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 01 Nov 2017 08:13
Last Modified: 01 Nov 2017 08:13
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13736

Actions (login required)

View Item View Item