PENENTUAN STRUKTUR LAPISAN BAWAH PERMUKAAN DI DAERAH PROSPEK BATUBARA MENGGUNAKAN METODE MASW 1-D (Studi Kasus: Lokasi Tambang PT. Bara Mega Quantum)

Marcela, Cici and Refrizon, Refrizon and Budi, Harlianto (2019) PENENTUAN STRUKTUR LAPISAN BAWAH PERMUKAAN DI DAERAH PROSPEK BATUBARA MENGGUNAKAN METODE MASW 1-D (Studi Kasus: Lokasi Tambang PT. Bara Mega Quantum). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Cici Marcela (F1C015002).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini telah dilakukan di lokasi tambang PT. Bara Mega Quantum Bengkulu Tengah, Kecamatan Taba Penanjung dengan menggunakan metode Multichannel Analysis of Surface Waves (MASW) 1-D sebanyak 7 lintasan dengan panjang lintasan 78 m dan jarak antar geophone 3 m kemudian diinversikan dengan data awal berupa data bor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur lapisan bawah permukaan daerah prospek batubara di lokasi tambang PT. BMQ di Bengkulu Tengah dengan menggunakan inversi metode MASW 1-D dan data bor agar diperoleh hasil yang lebih akurat serta dapat memperlihatkan dengan jelas sebaran dan ketebalan batubaranya secara merata disekitar lokasi penelitian. Pengolahan data menggunakan software winMASW 5.0 Professional, dan voxler. Data yang telah diolah menggunakan software winMASW 5.0 Professional menghasilkan kurva dispersi dan profil 1-D kecepatan gelombang geser (VS) terhadap kedalaman kemudian dimodelkan menjadi tampilan 3-D menggunakan software voxler. Hasil akhir dari pemodelan ini memperlihatkan struktur lapisan bawah permukaan di daerah prospek batubara yang sama atau sesuai dengan data bor. Nilai kecepatan gelombang geser yang dihasilkan 167-3209 m/s dan densitas batuan 1,8-2,5 g/cm3 serta kedalaman mencapai 60 meter dengan jenis materialnya terdiri dari soil, claystone, sandstone, coal dan andesit. Kata kunci : MASW, Batubara, Inversi, VS, Taba Penanjung

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Physics Science
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 08:55
Last Modified: 01 Aug 2023 08:55
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13738

Actions (login required)

View Item View Item