GESTUR CALON GUBERNUR DALAM DEBAT DI GESTUR CALON GUBERNUR DALAM DEBAT DI TELEVISI GESTUR CALON GUBERNUR DALAM DEBAT DI (Analisis Tayangan Media Tentang Debat Ridwan Mukti & Sultan Najamudin di Rakyat Bengkulu TV

RIWITA, NINDYA (2016) GESTUR CALON GUBERNUR DALAM DEBAT DI GESTUR CALON GUBERNUR DALAM DEBAT DI TELEVISI GESTUR CALON GUBERNUR DALAM DEBAT DI (Analisis Tayangan Media Tentang Debat Ridwan Mukti & Sultan Najamudin di Rakyat Bengkulu TV. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (thesis)
NINDYS RIWITA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (42MB)

Abstract

Gestur merupakan komunikasi yang paling efektif untuk mengetahui kebenaran dari pernyataan seseorang ketika sedang berbicara. Pada penelitian yang dilihat peneliti melalui cuplikan video pada youtube tanggal 21 November 2015 lalu dapat disimpulkan bahwa segala daya upaya akan dilakukan oleh masing-masing kandidat untuk terlihat sempurna di depan publik. Didalam debat kandidat yang dilakukan oleh Ridwan Mukti dan Sultan Najamudin memperlihatkan berbagai macam gestur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana data yang telah diperoleh kemudian dianalisis dan menghubungkannya dengan teori dramaturgi guna mengungkapkan kebenaran saat berada dipanggung depan ataupun panggung belakang pada debat kandidat calon gubernur. Dari hasil penelitian, terbukti bahwa dari cuplikan debat tersebut memperlihatkan kesenjangan antara Ridwan Mukti dan Sultan Najamudin dimana pada saat debat tersebut berlangsung Ridwan Mukti lebih tenang dan dapat mengendalikan emosi ketika debat berlangsung. Jadi banyak kemungkinkan jika publik akan lebih mempercayai uangkapan-ungkapan yang dikeluarkan oleh Ridwan Mukti ketika debat itu berlangsung. Sedangkan Sultan Najamudin tampak kurang bisa untuk mengendalikan emosinya pada saat berjalannya debat. Hal itu dapat dilihat ketika Sultan mengemukakan pendapatnya dan terlihat seperti sedang menjatuhkan lawan debatnya, intonasi bicara sultan yang agak tinggi dan gestur yang ditunjukkan sangat memperlihatkan perubahan emosi seperti mengepalkan tangan dan mengeluarkan nada yang tinggi. Dan karena hal itu publik dapat meragukan argumen-argumen yang diucapkan oleh Sultan Najamudin ketika ia sedang melakukan debat tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 01 Nov 2017 08:39
Last Modified: 01 Nov 2017 08:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13745

Actions (login required)

View Item View Item