Wohanda, Nanda Ayu and Rachmat, Agus Zainal and Ririn, Gusti (2018) UPAYA GURU NGAJI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN ANAK PADA TPQ MASJID JAMI’ BABUSSALAM KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
SKRIPSI OK YES.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (5MB) |
Abstract
Tujuan secara umum penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru ngaji dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran anak pada TPQ Masjid Jami’ Babussalam Kota Bengkulu. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan ditarik kesimpulan bahwaPertama, metode yang digunakan guru ngaji dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran anak adalah metode Iqra dengan alasan karena dengan menggunakan metode Iqro ini anak cepat nangkap dan cepat memahami pelajaran membaca Al-Quran danbuku Iqro ini mudah di dapatkan,mudah di temui di toko-toko,penerapan metode Iqro ini yaitu dengan cara anak maju secara satu persatu kemudian guru ngaji melaksanakan pengenalan dan memberikan contoh terlebih dahulu kepada anak bacaan yang benar yaitu judul bacaannya, kemudian baru anak mengaji dan guru hanya menyimak bacaan anak,apabila anak membaca salah maka guru langsung menegur dan memberikan contoh bacaan yang benar kepada anak kemudian anak melanjutkan lagi bacaannya tanpa harus mengulang dari awal.Kedua,upaya pengembangan yang dilakukan guru ngaji dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran anak adalah setelah mereka khatam Al-Quran anak di evaluasi dan anak mengulang bacaan Al-Quran dengan menambah materi tajwid dan nada dalam membaca Al-Quran,selain itu anak juga mengembangkan bacaan Al-Qurannya yaitu dengan cara menyimak dan menjadi tutor bagi teman sebaya nya yang bacaannya masih di bawah.Ketiga, upaya guru ngaji dalam memberikan motivasi kepada anak tentang pentingnya kemampuan membaca Al-Quran anak adalah dengan cara bercerita tentang kehidupan para Nabi dan juga melakukan sharing tentang pentingnya membaca Al-Quran antara guru ngaji dan anak.Keempat, keberhasilan yang telah di capai dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran anak yaitu anak-anak di TPQ sudah hapal ayat-ayat pendek, bisa membaca Al-Quran dengan baik dan benar berdasarkan tajwid dan juga bisa membaca Al-Quran dengan cara berirama.Kelima, faktor pendukung dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran anak adalah kelayakan sarana dan prasarana yang dimiliki Oleh TPQ Masjid Jami’ Babussalam sedangkan faktor penghambat guru dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran anak adalah perbedaan kemampuan anak. Kata Kunci :Upaya,Metode Iqro,pengembangan,Motivasi,hambatan dan dukungan
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Non-formal Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 21 Jul 2023 04:01 |
Last Modified: | 21 Jul 2023 04:01 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13746 |
Actions (login required)
View Item |