PENGGUNAAN BAHASA IBU DALAM PROSES PEMBELAJARAN KEAKSARAAN FUNGSIONAL DI PKBM NURZIKRA HIDAYAH DI PKBM NURZIKRA HIDAYAH DI KOTA MANNA KABUPATEN BENGKULU SELATAN

Rahayu, Pipin Sri and Rizkan, Rizkan and Suardi, Jasma (2018) PENGGUNAAN BAHASA IBU DALAM PROSES PEMBELAJARAN KEAKSARAAN FUNGSIONAL DI PKBM NURZIKRA HIDAYAH DI PKBM NURZIKRA HIDAYAH DI KOTA MANNA KABUPATEN BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi PIPIN SRI RAHAYU.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (18MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan bahasa ibu dalam proses pembelajaran keaksaraan fungsional di PKBM Nurzikra Hidayah Kota Manna Kabupaten Bengkulu Selatan. Subjek dalam penelitian ini sebanyak lima orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis studi kasus dengan langkah sebagai berikut : reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi mulai dari triangulasi subjek, triangulasi waktu, dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahasa ibu dalam proses pembelajaran keaksaraan fungsional di PKBM Nurzikra Hidayah Kota Manna Kabupaten Bengkulu Selatan menunjukkan bahwa metode yang digunakan dalam proses pembelajaran keaksaraan fungsional menggunakan metode diskusi, metode praktek dan metode tanya jawab, jenis bahasa ibu yang digunakan dalam proses pembelajaran keaksaraan fungsional yaitu bahasa serawai dan bahasa pasma, materi yang digunakan dalam proses pembelajaran keaksaraan fungsional melalui penggunaan bahasa ibu yaitu belajar menulis, membaca, berhitung, keterampilan dan tata boga, media yang sering digunakan dalam proses pembelajaran keaksaraan fungsional yaitu alat tulis kantor, infocus papan tulis dll, faktor pendukung dalam proses pembelajaraan keaksaraan fungsional yaitu adanya semangat belajar dan kerja sama dengan pihak pemerintah sedangkan faktor penghambat dalam proses pembelajaran keaksaraan fungsional waktu pelaksaan kegiatan pembelajaran, kesibukan warga belajar dan jarak antar lembaga dari rumah warga belajar. Kata Kunci:Bahasa Ibu, Keaksaraan Fungsional

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 21 Jul 2023 04:08
Last Modified: 21 Jul 2023 04:08
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13750

Actions (login required)

View Item View Item