KAJIAN PSIKOLOGI KOMUNIKASI PADA FENOMENA SELFIE REMAJA DI INSTAGRAM

GITE RAMADHANI, PUTRI (2016) KAJIAN PSIKOLOGI KOMUNIKASI PADA FENOMENA SELFIE REMAJA DI INSTAGRAM. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (thesis)
SKRIPSI (PUTRI GITE RAMADHANI, D1E012066).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Fenomena selfie merupakan fenomena yang muncul dari perkembangan teknologi dan media sosial saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana id, ego, dan superego mengarahkan remaja melakukan kegiatan selfie tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan dan meringkaskan berbagai realitas sosial yang ada dimasyarakat. Melalui proses wawancara mendalam, observasi, foto, dibantu dengan studi dokumentasi dengan literatur yang ada seperti jurnal, buku, pustaka online, serta menggunakan teori kepribadian Freud (id,ego, dan superego) sebagai pisau analisisnya. Peneliti menemukan bahwa selfie merupakan foto diri sendiri baik itu seluruh badan, sebagian badan, muka saja dan sebagian lainnya yang diambil menggunakan kamera baik kamera biasa, kamera handphone, kamera action dan lain-lain tanpa bantuan orang lain. Motivasi remaja dalam melakukan selfie kemudian mengunggahnya ke instagram yaitu untuk memenuhi hobi mereka dengan tujuan eksistensi diri, narsisme digital dan keterbukaan diri. Kepuasan dan pengalaman saat melakukan selfie dirasakan ketika sudah mendapatkan foto yang sesuai dengan keinginan remaja yaitu merasa senang jika foto yang diunggahnya mendapat like dan comment. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan ada beberapa foto selfie yang unik dan menarik yang dihasilkan oleh para pelaku selfie, diantaranya ada selfie yang biasa saja, selfie yang penuh ekpresi dan selfie yang ektrim. Pada remaja pelaku selfie yang biasa saja aspek kepribadian id, ego dan superego terjadi pada remaja adalah adanya keseimbangan antara yang satu dengan yang lainnya ketiga aspek tersebut. Kemudian pada remaja yang penuh ekpresi dan ektrim aspek kepribadian id, ego dan superego yang terjadi didominasi oleh aspek id. Kata kunci : Fenomena Selfie, Remaja, Instagram

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 01 Nov 2017 08:50
Last Modified: 01 Nov 2017 08:50
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13752

Actions (login required)

View Item View Item