DAYA TARIK TAYANGAN “DR. OZ INDONESIA” DI TRANS TV TERHADAP PENGETAHUAN MAHASISWI FISIP UNIVERSITAS BENGKULU (Dr. OZ Indonesia Episode “Menghitung Siklus Menstruasi”)

AJENG AGIDITYA SARA, RADEN (2016) DAYA TARIK TAYANGAN “DR. OZ INDONESIA” DI TRANS TV TERHADAP PENGETAHUAN MAHASISWI FISIP UNIVERSITAS BENGKULU (Dr. OZ Indonesia Episode “Menghitung Siklus Menstruasi”). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (thesis)
PDF RADEN.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya tarik tayangan DR.OZ Indonesia terhadap pengetahuan mahasiswi FISIP Universitas Bengkulu mengenai siklus menstruasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi. Penelitian dilakukan pada mahasiswi FISIP Universitas Bengkulu dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu proporsional random sampling, dengan jumlah responden 100 orang. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif secara parsial antara intensitas menonton terhadap pengetahuan mahasiswi FISIP Universitas Bengkulu dan terdapat pengaruh positif secara parsial antara daya tarik pembawa acara tayangan DR.OZ terhadap pengetahuan mahasiswi FISIP Universitas Bengkulu. Selanjutnya hasil penelitian diperkuat dengan analisis uji regresi berganda dengan besar pengaruh 24,5% sedangkan sisanya 75,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dan dari hasil uji F diperoleh bahwa F hitung lebih besar dari F tabel (F hitung = 15,707 > F = 3,09). Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis menyatakan bahwa jika F hitung tabel > F tabel maka Hipotesis Kerja (HK) diterima, artinya secara simultan daya tarik tayangan DR.OZ Indonesia memiliki pengaruh terhadap pengetahuan mahasiswi FISIP Universitas Bengkulu. Hasil penelitian ini juga berhasil menguji Teori Kognitif Bruner sebagai landasan Teori yang digunakan peneliti, bahwa kegiatan belajar akan berjalan dengan baik jika siswa dapat menemukan sendiri suatu aturan atau kesimpulan. Pengamatan terhadap objek (tayangan) yang dilihat memberikan suatu konstribusi dalam membentuk suatu pengetahuan dalam diri manusia. Artinya, antara daya tarik intensitas menonton dan pembawa acara dalam tayangan merupakan komponen penting dan saling berkaitan untuk mempengaruhi mahasiswi FISIP Universitas Bengkulu dalam pengetahuannya mengenai siklus menstruasi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 01 Nov 2017 08:54
Last Modified: 01 Nov 2017 08:54
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13753

Actions (login required)

View Item View Item