POLA KOMUNIKASI ANTARPRIBADI ORANG TUA DAN ANAK DALAM UPAYA PENGUATAN LITERASI MEDIA (Studi Kasus Pada Orang Tua Siswa PAUD IT Baitul Izzah Kota Bengkulu)

PUSPA SARI, SEPTI (2016) POLA KOMUNIKASI ANTARPRIBADI ORANG TUA DAN ANAK DALAM UPAYA PENGUATAN LITERASI MEDIA (Studi Kasus Pada Orang Tua Siswa PAUD IT Baitul Izzah Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (thesis)
Skripsi Septi Puspa Sari (D1E012016).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Literasi media pun menjadi hal yang penting untuk diberikan kepada anak-anak agar terhindar dari dampak negatif televisi, dan proses komunikasi khususnya komunikasi antarpribadi berperan dalam kegiatan penguatan literasi media orang tua kepada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi antarpribadi yang digunakan oleh para orang tua pada saat pemberian penguatan literasi media kepada anak-anak khususnya para siswa di PAUD IT Baitul Izzah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, untuk menentukan informan pokok penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Adapun kriteria informan pokok adalah orang tua yang mengikuti kegiatan sosialisasi literasi media dan menerapkannya kepada anak-anaknya, serta siswa dan guru PAUD IT Baitul Izzah sebagai informan tambahan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam dan dokumentasi. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan kepada para informan didapat data bahwa para orang tua tersebut menyampaikan penguatan literasi media dengan cara membujuk. Para orang tua tidak memberikan komando ataupun perintah. Selain itu, para orang tua juga tidak memberikan hukuman kepada anak-anaknya, walaupun terdapat salah satu informan yang pernah menghukum anaknya kalau anak tersebut tidak mengikuti bujukan dari orang tuanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 4 informan pokok, pola komunikasi yang digunakan adalah pola komunikasi authoritative

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 01 Nov 2017 09:00
Last Modified: 01 Nov 2017 09:00
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13754

Actions (login required)

View Item View Item