UPAYA PEMASARAN MAKANAN RINGAN (Studi Kasus Pada Snack Rengginang Ketan Kelompok Usaha Bersama Rafflesia di Kabupaten Bengkulu Utara)

Ulfah, Puspa Mardiyah and Rizkan, Rizkan and Parlan, Parlan (2018) UPAYA PEMASARAN MAKANAN RINGAN (Studi Kasus Pada Snack Rengginang Ketan Kelompok Usaha Bersama Rafflesia di Kabupaten Bengkulu Utara). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Keterampilan dalam berwirausaha sangat diperlukan oleh masyarakat agar masyarakat lebih mandiri dalam menciptakan lapangan kerja dan tidak bergantung pada pemerintah maupun pihak lainnya. Program Kelompok Usaha Bersama (KUBE) merupakan gagasan yang dapat memberikan pemberdayaan bagi masyarakat kecil dengan meningkatkan kualitas hidup anggota. KUBE Rafflesia merupakan salah satu produsen makanan ringan tradisional. Persaingan yang semakin ketat dalam memperebutkan pasar serta perubahan lingkungan yang cepat mengharuskan KUBE Rafflesia untuk menyesuaikan diri terhadap perubahan pasar. KUBE Rafflesia harus lebih kreatif dalam merancang dan memutuskan strategi pemasaran yang akan diterapkan di lapangan untuk bisa mengantisipasi berbagai macam perubahan yang akan terjadi, serta dapat terus berkompetisi dan bergerak searah dengan keinginan konsumen. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui upaya pemasaran pada KUBE Rafflesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara terstruktur, observasi non partisipan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik validitas dan reliabilitas menggunakan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan bahwa upaya pemasaran pada KUBE Rafflesia meliputi kegiatan pemasaran. Musyawarah adalah kunci dalam setiap penentuan keputusan. KUBE Rafflesia selalu aktif memproduksi produk-produk dengan cita rasa yang terjamin agar konsumen selalu memilih produk yang KUBE hasilkan. Dalam strategi harga KUBE Rafflesia tidak terlalu kompetitif. Promosi melalui kegiatan pameran dijadikan pilihan yang baik karena dianggap sebagai tempat yang strategis. Saluran distribusinya hanya sebatas produsen-konsumen sebagai upaya meminimalisir risiko yang ditimbulkan. Kata Kunci: Pemasaran, Makanan Ringan, Kelompok Usaha Bersama

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 21 Jul 2023 06:46
Last Modified: 21 Jul 2023 06:46
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13755

Actions (login required)

View Item View Item