Efek Penambahan Garam Dapur Terhadap Energi Listrik Yang Dihasilkan Dari Buah Nanas Sebagai Sumber Energi Listrik Alternatif

Arifin, achmad zul and Angraini, Ika Novia and Herawati, Afriyastuti (2017) Efek Penambahan Garam Dapur Terhadap Energi Listrik Yang Dihasilkan Dari Buah Nanas Sebagai Sumber Energi Listrik Alternatif. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (thesis)
Achmad Zul Arifin G1D011013 (Efek Penambahan Garam Dapur).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Limbah kulit nanas di kota Bengkulu terbilang banyak, karena di satu hotel saja limbah nanas perhari mancapai 7 Kg. Limbah nanas menghasilkan arus berkisaran 100-an mikro ampere (μA). Penelitian ini menggunakan bahan baku nanas dengan sel yang bervariasi, mulai dari 3 sel, 6 sel, 9 sel, dan 12 sel. Penelitian ini juga menggunakan variasi pasangan elektroda yaitu tembaga (Cu) – seng (Zn), tembaga (Cu) – kuningan (Ku), dan kuningan (Ku) – seng (Zn). Besar tegangan listrik yang dihasilkan dari ekstrak nanas pada pengujian yang telah dilakuakan sebesar 8,11V dengan 12 sel baterai.Diantara ketiga pasangan elektroda yaitu, tembaga (Cu) – seng (Zn), tembaga (Cu) – kuningan (Ku), dan kuningan (Ku) – seng (Zn) didapatkan pasangan yang terbesar hasil keluaran tegangannya yaitu pasangan tembaga (Cu) dan seng (Zn) dengan besar tegangan yaitu 8,51V dan arus 1,31mA. Hal ini dikarenakan beda potensial dari kedua lempengan sehingga menjadikan tegangan lebih besar pula.Besar atau kecilnya tingkat keasaman dan kebasahan menentukan besarnya tegangan. Semakin asam suatu larutan maka nilai tegangan yang keluar akan semakin besar juga demikian dengan larutan basa maka nilai tegangan juga akan semakin besar. Pada penelitian asam terdapat pada larutan ekstrak buah nanas dengan nilai pH 3,8 dan tegangan sebesar 8,51 V, sedangkan larutan basa terdapat pada aquades dengan penambahan garam dengan pH 8,3 dan nilai tegangan 7,42 V. Kata kunci : Buah nanas, elektroda, tegangan, larutan, beda potensial.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 02 Nov 2017 01:57
Last Modified: 02 Nov 2017 01:57
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13759

Actions (login required)

View Item View Item