PEMAKNAAN SISWA PAUD IT BAITUL IZZAH TERHADAP LIRIK LAGU MENCINTAMU SAMPAI MATI (Soundt rack Sin e tron Ganteng-Gant e ng Ser igala)

OKTALIA, SISKA (2016) PEMAKNAAN SISWA PAUD IT BAITUL IZZAH TERHADAP LIRIK LAGU MENCINTAMU SAMPAI MATI (Soundt rack Sin e tron Ganteng-Gant e ng Ser igala). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (thesis)
SKRIPSI PDF.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemaknaan lirik lagu Mencintamu Sampai Mati yang menjadi soundtrack sinetron Ganteng-Ganteng Serigala pada anak usia dini. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu untuk menjelaskan makna lirik lagu Mencintamu Sampai Mati yang diungkapkan oleh anak usia dini yang dianalisis menggunakan teori S-O-R. Data primer diperoleh melalui observasi atau pengamatan langsung terhadap fokus yang diteliti yaitu lagu Mencintamu Sampai Mati dan melaksanakan wawancara mendalam dengan siswa PAUD IT Baitul Izzah Kota Bengkulu sebagai informan pokok serta orang tua siswa PAUD IT Kota Bengkulu sebagai informan kunci. Penelitian ini dilengkapi dengan menggunakan data sekunder yaitu video lagu yang disertai dengan cuplikan adegan sinetron Ganteng-Ganteng Serigala yang diunduh melalui situs youtube, artikel online serta buku-buku sebagai sumber data dan referensi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa anak-anak memaknai lirik lagu Mencintamu Sampai Mati secara wajar dan apa adanya. Lirik lagu dimaknai dengan menghubungkan lirik tersebut dan adegan dalam sinetron. Beberapa lirik dimaknai dengan kasih sayang terhadap keluarga yakni orang tua dan saudara. Pada dasarnya, anak usia dini hanya sekedar tahu dan suka menyanyikan lagu tersebut dan menghubungkannya dengan adegan yang disaksikan melalui sinetron, namun tidak memahami arti sebenarnya dalam adegan tersebut. Kata kunci : Pemaknaan, Lirik Lagu, Sinetron GGS, S-O-R.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 02 Nov 2017 01:46
Last Modified: 02 Nov 2017 01:46
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13761

Actions (login required)

View Item View Item