Representasi Illuminati Pada Cuplikan Video Klip (Analisis Semiotika Pada Cuplikan Video Klip Lagu “Satu” Album Laskar Cinta Dewa 19)

PIOLISA CH, REFANNY (2016) Representasi Illuminati Pada Cuplikan Video Klip (Analisis Semiotika Pada Cuplikan Video Klip Lagu “Satu” Album Laskar Cinta Dewa 19). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (thesis)
SKRIPSI FANNY OK.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (33MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui representasi illuminati pada cuplikan video klip lagu “Satu” Dewa19. Dalam cuplikan video klip lagu “Satu” Album Laskar Cinta group band Dewa19 terdapat beberapa simbol-simbol yang menunjukkan simbol illuminati. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif menggunakan purposive sampling karena data diambil secara acak yang menurut peneliti gambar yang menjadi fokus dalam cuplikan tersebut. Metode ini digunakan untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang obyek yang dianalisis. Penelitian ini menggunakan Semiotika Ferdinand de Saussure representasi illuminati dalam cuplikan video klip tersebut peneliti mendapatkan hasil bahwa dunia musik memiliki kekuasaan yang untuk mencuci otak (brainwash) masyarakat, dipercaya dengan cara musik inilah kelompok illuminati menjadikan musik sebagai alat untuk menyampaikan pesan dalam bentuk yang berbeda. Salah satunya dengan memasukkan pesan dibawah alam sadar. Pencucian otak di dunia musik ini dilakukan dengan berbagai cara, seperti pada penelitian kali ini dengan menggunakan gambar dalam cuplikan video klip lagu Satu dewa19 yang merupakan simbol-simbol pemujaan setan baik secara terang-terangan maupun tersembunyi. Kelompok illuminati ini hanya menggunakan logo dan simbol untuk menyatakan keberadaan kelompok ini diantara anggotanya. Jadi, sebenarnya walaupun jalan cerita video klip lagu Satu seperti apapun itu tak menjadi masalah buat kelompok tersebut, karena para illuminati akan tetap berusaha masuk dengan cara “menitipkan” simbol-simbol alirannya agar masyarakat menjadi biasa dan familiar dengan simbol-simbol kelompok illuminati ini. Kata Kunci : Representasi, Simbol Illuminati, Semiotika

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 02 Nov 2017 01:50
Last Modified: 02 Nov 2017 01:50
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13762

Actions (login required)

View Item View Item