PEMANFAATAN KULIT KERANG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERHITUNG PADA SENTRA SENI DI PAUD NUR AZIZ

Lestari, Selly and Jasma, Suardi and Agus, Zainal R (2017) PEMANFAATAN KULIT KERANG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERHITUNG PADA SENTRA SENI DI PAUD NUR AZIZ. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI SELLY LESTARI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikanPemanfaatan Kulit Kerang Sebagai Media Pembelajaran Berhitung Pada Sentra Seni Di Paud Nur Aziz. Subjek dalam penelitian ini adalah ketua Paud Nur Aziz, dan 2 orang guru. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis studi kasus dengan langkah sebagai berikut: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi, mulai dari trianggulasi subjek, triangulasi waktu, dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Paud Nur Aziz berdiri pada tanggal 17 Juli 2006. Bahan baku kulit kerang di peroleh yaitu dari air sungai, tawar, rawahdan laut. Yang membantu dalam mencari bahan baku kulit kerang yaitu wali murid Paud Nur Aziz.jenis kulit kerang kijing yang sering digunakan sebagai media pembelajaran. Langkah membuat media kulit kerang pertama kulit kerangnya di cat atau di warnai terlebih dahulu, setelah di warnai di jemur beberapa menit lalu kemudian di kasih angka atau huruf sesuai tema pembelajaran di hari tersebut. Yang membantu membuat media kulit kerang adalah anak Paud Nur Aziz. Bentuk pelaksanaan pembelajaran pertama kita buat anak tertarik dulu dengan apa yang akan kita gunakan sebagai media pembelajaran, kalau mereka sudah tertarik tentu gampang kita untuk mengajak anak dalam belajar menggunakan media kulit kerang. Tidak ada strategi khus yang dilakukan d Paud Nur Aziz. Kendala yang di temukan anak-anak susah untuk meahami apa yang guru sampaikan. Ketika waktu di suruh mewarnai mereka lebih suka bermain. Cara mengatasi kendala yaitu harus memahami keinginan anak terlebih dahulu baru nanti di ajak pelan-pelan supaya mereka mau. faktor pendukungnya kulit kerang masih alami jadi sangat mudah untuk di dapatkan, anak-anak juga memang suka dan tertarik dengan kerang jadi gampang untuk mengajak mereka bejar menggunakan media kulit kerang. faktor penghambatnya yaitu harus lebih teliti lagi dalam mengawasi anak dalam pembelajaran berlangsung karena di pinggiran kulit kerang tersebut lumayan tajan, jadi harus hati-hati. Kata kunci : Pemanfaatan, Kulit Kerang, Media Pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 21 Jul 2023 07:28
Last Modified: 21 Jul 2023 07:28
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13765

Actions (login required)

View Item View Item