ANALISIS AKSES INFORMASI BEASISWA PPA DAN BPPA FISIP UNIB (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bengkulu Agkatan 2012-2013)

H M PAKPAHAN, SRY (2016) ANALISIS AKSES INFORMASI BEASISWA PPA DAN BPPA FISIP UNIB (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bengkulu Agkatan 2012-2013). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (thesis)
SRY (2).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan akses informasi beasiswa PPA dan BPPA pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Bengkulu Angkatan 2012-2013. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif maka teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan data primer yang diperoleh dengan melakukan wawancara mendalam dengan informan. Sementara itu yang dilakukan dengan data sekunder foto dokumentasi, catatan lapangan, jurnal, skripsi, dan artikel online. Memilih informan dengan teknik purposive sampling, Teknik analisis data yang digunakan yakni dengan mengumpulkan data penelitian secara lengkap, mereduksi data guna memfokuskan penelitian, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil keabsahan data diuji kebenarannya dengan menggunakan teknik triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Informan dalam penelitian adalah wadek kemahasiswaan FISIP UNIB sebagai informan kunci, mahasiswa FISIP UNIB Angkatan 2012-2013 yang pernah mendaftarkan diri sebagai calon penerima beasiswa PPA dan BPPA sebagai informan pokok dan pegawai kemahasiswaan dan subbag kemahasiswaan sebagai informan tambahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan akses informasi yang dilakukan oleh mahasiswa FISIP UNIB tidak terlalu banyak, sebagian besar berharap pada informasi yang diberikan oleh pihak Jurusan FISIP UNIB dan menunggu. Sementara itu, berdasarkan Model Teori Perilaku Informasi Wilson diketahui bahwa sebagian besar mahasiswa FISIP UNIB tergolong pasif untuk melakukan pencarian informasi beasiswa PPA dan BPPA untuk mencukupi kebutuhan informasi. Kata kunci : Informasi, Akses Informasi, Model Teori Perilaku Informasi Wilson.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 02 Nov 2017 01:56
Last Modified: 02 Nov 2017 01:56
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13765

Actions (login required)

View Item View Item