PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KEBERADAAN PENGAMEN ANAK DI LINGKUNGAN WISATA (Studi Kasus Pengamen Anak di Kawasan Pasir Putih Pantai Panjang Bengkulu)

Octaviani, Shinta and Zulkarnain, Rufran and Suardi, Jasma (2018) PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KEBERADAAN PENGAMEN ANAK DI LINGKUNGAN WISATA (Studi Kasus Pengamen Anak di Kawasan Pasir Putih Pantai Panjang Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Shinta Octaviani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap keberadaan pengamen anak di lingkungan wisata Pantai Panjang Kota Bengkulu. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 6 orang yang terdiri dari 3 orang masyarakat dan 3 orang pengamen anak. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan dengan teknik triangulasi mulai dari triangulasi subjek, triangulasi waktu dann triangulasi teknik. Hasil penelitian mengemukakan bahwa penglihatan atau pengamatan masyarakat melalui proses kognitif dimana seseorang individu memilih mengorganisasikan dan memberikan arti kepada stimulus lingkungan. Penglihatan dan pengamatan masyarakat terhadap anak yang mengamen dirasa kurang baik dan perlu dibimbing lagi, dengan kegiatan yang dilakukan sebenarnya tidak menggangu. Pengetahuan masyarakat sendiri dipengaruhi 2 faktor yaitu internal dan eksternal. Tanggapan masyarakat terhadap keberadaan pengamen anak yang sebaiknya tidak mengesampingkan pendidikannya. Perilaku yang ditunjukkan pengamen anak terhadap masyarakat menunjukkan tindakan baik dengan tidak menggangu orang lain, ketika mereka menjadikkan mengamen sebagai kegiatan rutin, kegiatan tersebut menjadikan dampak yang kurang baik terhadap pendidikan. Faktor yang mendorong mereka mengamen yaitu faktor ekonomi dengan tujuan dapat menambah tingkat pendapatan keluarga. Kata Kunci : Persepsi, Masyarakat, Pengamen Anak

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 21 Jul 2023 07:30
Last Modified: 21 Jul 2023 07:30
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13766

Actions (login required)

View Item View Item