PELAKSANAAN KEGIATAN PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DENGAN METODE UTSMANI DI MA’HAD AL-QUR’AN AT-TARTIL KOTA BENGKULU

Wahana, Sinta Kurnia and Abdullah, M Ilham and Ririn, Gusti (2018) PELAKSANAAN KEGIATAN PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DENGAN METODE UTSMANI DI MA’HAD AL-QUR’AN AT-TARTIL KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI SINTA PDF.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan pembelajaran al-qur‟an dengan metode utsmani di Ma’had Al-Qur’an At-Tartil Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus. Untuk menjamin keabsahan data, peneliti melakukan triangulasi terhadap subjek penelitian dan tehnik pengumpulan data. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan ditarik kesimpulan 1) penerapan pelaksanaan pembelajaran al�qur‟an dengan metode utsmani memiliki dua langakah yaitu pertama menguasai huruf dan kedua menguasai tanda baca. 2) Tehnik yang diberikan oleh pendidik adalah memberikan penjelasan kepada peserta didik agar mereka memahami pentingnya belajar ilmu agama islam, mereka diberikan pemahaman, ilmu pengetahuan serta wawasan tentang kenapa ilmu agama dan belajar al-qur‟an harus di pelajari sejak dini dan strategi yang digunakan pengelola menyiapkan pendidik disetiap tingkatan peserta didik. 3)perkembangan peserta didik dalam pelaksanaan pembelajran al-qur‟an dengan metode utsmani ialah terjadi penikatan dan kemajuan dari pengtahuan dan psikis peserta didik di karenakan beberpa foktor yaitu faktor internal dan eksternal. 4) proses pengevaluasian dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran Al-Qur‟an dengan metode utsmani di Ma’had Al-Qur’an At-Tartil Kota Bengkulu adalah setiap akhir semester peserta didik di tes dengan meberikan peserta didik lembaran soal untuk di test bacaannya dan di setiap dua kali semester Ma’had Al-Quran At-Tartil melakuakan wisuda akbar. Kata kunci : pembelajaran Al-Qur’an, metode utsmani

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 21 Jul 2023 07:32
Last Modified: 21 Jul 2023 07:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13767

Actions (login required)

View Item View Item