EFEKTIVITAS KALSIUM OKSIDA (CaO) DARI ABU CANGKANG KERANG SUMPIL (Faunus ater) SEBAGAI BAHAN PENCAMPUR TERHADAP UJI KUAT TEKAN DAN UJI KUAT LENTUR BETON

PURNOMO, KURNIA JUANG and HP, Agus Martono and Teja, Dwi Sutanto (2019) EFEKTIVITAS KALSIUM OKSIDA (CaO) DARI ABU CANGKANG KERANG SUMPIL (Faunus ater) SEBAGAI BAHAN PENCAMPUR TERHADAP UJI KUAT TEKAN DAN UJI KUAT LENTUR BETON. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI FIXS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kadar kalsium oksida (CaO) dari abu cangkang kerang sumpil (Faunus ater) sebagai bahan pengganti sebagian semen pada beton terhadap kuat tekan dan kuat lentur. Abu sumpil diperoleh melalui proses kalsinasi cangkang kerang sumpil pada suhu 800ºC selama 3 jam melalui alat furnace. Metode analisis kadar kalsium oksida menggunakan SEM- EDS diperoleh morfologi partikel yang tidak seragam dengan persentase berat CaO sebesar 98,96%. Abu yang ditambahkan pada campuran beton sebagai pengganti sebagian semen sebanyak 0%, 5% ,15% dan 25% dari berat semen. Pengujian kuat tekan dan kuat lentur beton dilakukan pada umur beton 7 hari, 21 hari dan 35 hari dimana masing-masing dibuat beton tanpa abu cangkang kerang sumpil sebagai kontrol. Beton dengan penambahan 5% abu cangkang kerang sumpil pada umur 35 hari memberikan hasil yang paling baik dengan nilai kuat tekan sebesar 10,9 MPa pada kuat tekan dan 3,33 MPa meskipun tidak ada yang melebihi nilai kuat tekan dan kuat lentur beton normal. Kata kunci : Kalsium oksida, kerang sumpil, beton.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Chemistry Science
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 08:56
Last Modified: 01 Aug 2023 08:56
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13780

Actions (login required)

View Item View Item