PEMBUATAN SABUN MANDI PADAT AROMATERAPI MINYAK ATSIRI JERUK KALAMANSI (Citrus microcarpa) DENGAN BAHAN BAKU MINYAK KELAPA MURNI (VCO) DAN MINYAK SAWIT (Palm Oil)

Sulastri, Mesta and Fitriani, Dyah and Eni, Widiyati (2019) PEMBUATAN SABUN MANDI PADAT AROMATERAPI MINYAK ATSIRI JERUK KALAMANSI (Citrus microcarpa) DENGAN BAHAN BAKU MINYAK KELAPA MURNI (VCO) DAN MINYAK SAWIT (Palm Oil). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
skripsi mesta pdf baru.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi bahan baku yang digunakan pada pembuatan sabun mandi padat aromaterapi terhadap sifat fisik sabun yang dihasilkan dan pengaruh variasi penambahan minyak atsiri serta evaluasi mutu sediaan sabun yang dihasilkan. Penyulingan minyak atsiri ampas (residu) jeruk kalamansi ini dilakukan pada suhu 100oC selama 5 jam. Pengamatan pada sediaan sabun padat yang dihasilkan adalah uji organoleptik, pH, kadar air, dan asam lemak bebas/alkali bebas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minyak atsiri yang dihasilkan berwarna kekuningan, berbau khas jeruk kalamansi dan menghasilkan rendemen sebesar 1,34%. Penambahan minyak limonene pada pembuatan sabun dapat membuat sediaan sabun tersebut disukai panelis. Hasil pengujian terhadap parameter kadar air formula A yang diperoleh sebesar 17,5% tidak sesuai SNI 3532-2016 tentang sabun mandi yang mensyaratkan kadar air maks. 15%. Sedangkan untuk parameter pH dan asam lemak bebas yang diperoleh sudah sesuai dengan SNI 3532-2016. Kata Kunci : Sabun padat, VCO, minyak sawit, minyak atsiri

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Chemistry Science
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 08:57
Last Modified: 01 Aug 2023 08:57
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13784

Actions (login required)

View Item View Item