PENERAPAN METODE MIND MAPPING DALAM MODEL QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 7 KOTA BENGKULU

Mardhatillah, Ade and Susanta, Agus and Rusdi, Rusdi (2018) PENERAPAN METODE MIND MAPPING DALAM MODEL QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 7 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi_Ade Mardhatillah_A1C014012.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan metode Mind Mapping dalam model Quantum Teacing sehingga terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa Kelas VIII F di SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi aktivitas, hasil belajar afektif dan tes hasil belajar kognitif. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 siswa Kelas VIII F SMP Negeri 7 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Mind Mapping dalam model Quantum Teacing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika. Peningkatan aktivitas dapat dilihat dari rata-rata skor observasi siswa siklus I, II, dan III secara berturut-turut yaitu 29,75 (aktif); 31,75 (aktif); dan 34 (sangat aktif). Peningkatan hasil belajar afektif siswa dapat dilihat dari persentase ketuntasan hasil belajar afektif klasikal pada siklus I, II, dan III berturut-turut yaitu 50% (kurang baik); 65,52% (cukup baik); dan 82,76% (sangat baik). Peningkatan hasil belajar kognitif siswa dapat dilihat dari persentase ketuntasan hasil belajar kognitif klasikal pada siklus I, II, dan III berturut-turut yaitu 60% (sedang) ; 68,96% (tinggi) ; dan 86,21% (sangat tinggi). Kata kunci : Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Metode Mind Mapping, Model Quantum Teaching

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 21 Jul 2023 08:30
Last Modified: 21 Jul 2023 08:30
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13791

Actions (login required)

View Item View Item