PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMPN 3 KOTA BENGKULU

Setiabudi, Agung and Maizora, Syafdi and Fachruddin, M. (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMPN 3 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Agung Setiabudi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk Meningkatkan Pemahaman Konep Matematika Siswa Kelas VIII di SMPN 3 Kota Bengkulu yang memenuhi kategori valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan memodifikasi model 4D Thiagarajan menjadi 3 tahapan yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop) yang terdiri dari validitas, kepraktisan, dan efektifitas. Validasi dilakukan oleh 3 orang validator. Kepraktisan LKPD diuji pada dua belas peserta didik di kelas VIII 2 SMP Negeri 3 Kota Bengkulu. Efektifitas LKPD diuji pada tiga puluh dua peserta didik di kelas VIII 1 SMP Negeri 3 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2017/2018. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validitas, kepraktisan dan efektifitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik Dengan Pendekatan Saintifik Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII Di SMPN 3 Kota Bengkulu termasuk dalam kategori : (a) valid dari aspek materi, konstruksi, skor rata-rata bahasa 132,25 dan dengan skor rata-rata 36,5; (b) sangat praktis dengan skor rata-rata 78,04 dan; (c) efektif berdasarkan : 1) respon peserta didik dengan skor rata-rata 63,88 dalam kategori sangat baik; 2) aktivitas peserta didik dengan skor rata-rata 66,5 dalam kategori sangat baik dan; 3) hasil belajar peserta didik mencapai ketuntasan klasikal 81,25%. Kata Kunci : Lembar Kerja Peserta Didik, Pendekatan Saintifik, Pemahaman Konsep matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 21 Jul 2023 08:39
Last Modified: 21 Jul 2023 08:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13797

Actions (login required)

View Item View Item