PENGEMBANGAN SOAL-SOAL HIGHER ORDER THINKING (HOT) PADA POKOK MATERI TURUNAN FUNGSI DI MAN 1 KOTA BENGKULU

Alfajri, Ahmad Rozaq and Zamzaili, Zamzaili and Nurul, Astuty Yensy (2018) PENGEMBANGAN SOAL-SOAL HIGHER ORDER THINKING (HOT) PADA POKOK MATERI TURUNAN FUNGSI DI MAN 1 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Ahmad Rozaq Alfajri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal Hihger Order Thinking pada materi turunan fungsi untuk siswa MAN 1 Kota Bengkulu yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Pengembangan (Research and Development). Penelitian ini dilakukan dalam tiga tahap penelitian yaitu: tahap pendefinisian, tahap perancangan, dan tahap pengembangan yang terdiri dari validasi ahli(validasi logis), uji empiris (validitas, reabilitas,daya pembeda dan taraf kesukaran) . Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Agama dan XI Bahasa MAN 1 Kota Bengkulu tahun ajaran 2017/2018, yang berjumlah 39 orang siswa untuk uji empiris dan 37 orang siswa untuk uji produk soal. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah Lembar Validasi soal-soal higher order thinking, Lembar Kepraktisan soal siswa, Lembar solusi siswa. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dari masalah yang diberikan yaitu bagaimana hasil pengembangan soal�soal higher order thinking pada materi turunan fungsi untuk siswa MAN 1 Kota Bengkulu yang valid dan praktis dapat diambil kesimpulan yaitu hasil pengembangan soal-soal higher order thinking pada materi turunan fungsi untuk siswa MAN 1 Kota Bengkulu adalah: (1) soal termasuk dalam katagori “sangat valid” menurut ahli dalam aspek isi dengan rata-rata validitas 17,85, dalam aspek konstruksi dengan rata-rata validitas 17,7 dan pada aspek bahasa dengan rata-rata validitas 22,7; (2) soal termasuk dalam kategori “sangat praktis” berdasarkan data kepraktisan siswa yaitu 4,68, dengan validasi semua soal berada dikatagori valid dengan reabilitas 0,70178, indeks kesukaran berada di kriteria mudah dan sedang dan daya pembeda soal berada pada kriteria cukup. Pada uji produk soal menghasilkan (1) Nilai rata-rata siswa berdasarkan lembar solusi soal yaitu 82,59, (2) persentase rata-rata jumlah siswa yang mencapai nilai ketuntasan minimal 75 adalah 70,56%. Kata kunci: Penelitian Pengembangan ,Soal-soal Higher Order Thinking

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 21 Jul 2023 08:50
Last Modified: 21 Jul 2023 08:50
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13802

Actions (login required)

View Item View Item