PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERINTEGRASI PADA MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 18 KOTA BENGKULU

Amny, Annisa and Yensy, Nurul Astuty and M, Fachruddin (2018) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERINTEGRASI PADA MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 18 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI_ANNISA AMINY_A1C014040 pdf.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB)

Abstract

Penerapan Pendekatan saintifik terintegrasi pada model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Bengkulu. Skripsi S1 Program Studi Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan, Universitas Bengkulu. Pembimbing Utama Nurul Astuty Yensy B., S.Si., M.Si dan Pembimbing Pendamping Drs. M. Fachruddin S., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara penerapan pendekatan saintifik terintegrasi model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) sehingga dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII.3 SMP Negeri 18 Kota Bengkulu tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 32 orang terdiri dari 17 peserta didik laki-laki dan 15 peserta didik perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dari tanggal 8 Maret 2018 sampai dengan 7 Mei 2018. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan pendekatan saintifik terintegrasi model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika peserta didik. Peningkatan aktivitas dapat dilihat dari skor rata-rata observasi siswa siklus I, II, dan III secara berturut-turut yaitu 18,75;22,25;26,125 dengan kriteria secara berturut-turut yaitu cukup aktif, cukup aktif, dan aktif. Peningkatan aktivitas dilakukan dengan cara membuat sistem pembelajaran secara berkelompok secara berpasangan, Peserta didik diberikan kesempatan untuk berfikir sendiri, berdiskusi, dan membagikan hasil diskusi, Membiasakan peserta didik untuk mengeluarkan pendapat, Memberikan motivasi, membuat aturan kepada peserta, dan memberikan reward. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas tes siklus I, siklus II, dan siklus III secara berturut-turut 70,59; 78,40;82,12 deengan ketuntasan klasikal pada siklus I, II, dan III secara berturut�turut yaitu 53,125%, 71,875%, dan 81,25%. Kata kunci : Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Pendekata Saintifik, Model Pembelajaran Think-Pair-Share (TPS)

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 24 Jul 2023 01:48
Last Modified: 24 Jul 2023 01:48
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13820

Actions (login required)

View Item View Item