RANCANG BANGUN PROTOTYPE SISTEM PENGAIRAN OTOMATIS LAHAN PERTANIAN SAWAH MENGGUNAKAN METODE SYSTEM OF RICE INTENSIFLICATION (SRI)

Dwiharsyah, Fikri and Hadi, Faisal and Alex, Surapati (2019) RANCANG BANGUN PROTOTYPE SISTEM PENGAIRAN OTOMATIS LAHAN PERTANIAN SAWAH MENGGUNAKAN METODE SYSTEM OF RICE INTENSIFLICATION (SRI). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI FIKRI DWIHARSYAH G1D014024.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Negara Indonesia dikenal sebagai Negara agraris sejak dulu karena kekayaan alam dan keanekaragaman hayati yang dimilikinya. Beras merupakan bahan makanan poko yang dikonsumsi oleh lebih dari 90% penduduk Indonesia. Di Indonesia, perubahan pola hujan mungkin adalah ancaman terbesar, karena begitu banyak petani mengandalkan langsung pada hujan untuk kegiatan pertanian dan mata pencahariannya, setiap perubahan curah hujan menyebabkan resiko besar. Oleh karena itu, maka diperlukan sistem pengairan otomatis lahan pertanian sawah menggunakan metode system of rice intensiflication (SRI). Input kelembaban tanah yang terbaca oleh sensor, akan diproses oleh mikrokontroler arduino untuk mencapai nilai setpoint yang diinginkan. Mikrokontroler akan menghidupkan pompa dan solenoid valve hingga mencapai setpoint kelembaban yaitu 40%. Sedangkan level air akan bekerja apabila lahan pertanian sudah digenangi air diatas 0,5 cm pembacaan sensor, sehingga mikrokontroler akan mengaktifkan solenoid valve untuk pembuangan air dari lahan pertanian. Pengujian keseluruhan alat dapat bekerja pada kondisi yang diinginkan mulai dari kelambaban 10% - 100% serta level air 0,5cm – 4cm. Kata Kunci: system of rice intensiflication (SRI), Kelembaban, Level Air

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:14
Last Modified: 01 Aug 2023 04:14
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13823

Actions (login required)

View Item View Item