PERANCANGAN TURBIN SUMBU HORIZONTAL DAN SUMBU VERTIKAL UNTUK PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA ANGIN (STUDI KASUS DI KOTA BENGKULU)

Manurung, Gordon and Indriani, Anizar and Novalio, Daratha (2019) PERANCANGAN TURBIN SUMBU HORIZONTAL DAN SUMBU VERTIKAL UNTUK PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA ANGIN (STUDI KASUS DI KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI GORDON MANURUNG (Autosaved).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Wilayah Indonesia yang sebagian besar merupakan wilayah pesisir pantai dengan kondisi kecepatan angin cukup kencang yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber pembangkit listrik. Selain dapat dibangun pembangkit listrik tenaga gelombang laut, dapat pula di bangun pembangkit listrik tenaga angin. Angin dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif dan terbarukan. Pada penelitian ini di desain dan dirancang pembangkit listrik tenaga angin dengan posisi turbin sumbu horizontal dan posisi turbin sumbu vertikal. Masing-masing turbin angin dirancang dengan 3 buah bilah yang terbuat dari bahan kayu. Generator yang digunakan pada kedua jenis turbin angin adalah generator DC magnet permanen dengan daya maksimal yang dapat dihasilkan 800 Watt. Pengujian kedua jenis turbin dilakukan di tepi pantai kota Bengkulu. Rancangan pembangkit listrik tenaga angin sumbu horizontal mulai berputar pada kecepatan angin 3,5 m/s, sedangkan rancangan pembangkit listrik tenaga angin sumbu vertikal mulai berputar pada kecepatan angin 6,5 m/s. Tegangan yang dihasilkan pembangkit listrik tenaga angin sumbu horizontal pada kecepatan angin 3,5 m/s sebesar 12 Volt. Tegangan yang dihasilkan pembangkit listrik tenaga angin sumbu vertikal pada kecepatan angin 6,5 m/s sebesar 9 Volt. Kata Kunci: Daya Listrik, Pembangkit Listrik Tenaga Angin, Turbin

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 09:00
Last Modified: 01 Aug 2023 09:00
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13825

Actions (login required)

View Item View Item