PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA PADA PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP TENTANG SIFAT-SIFAT SEGIEMPAT DAN SEGITIGA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 10 KOTA BENGKULU

Nugraha, Arief and Maulidiya, Della and Fachruddin, M (2018) PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA PADA PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP TENTANG SIFAT-SIFAT SEGIEMPAT DAN SEGITIGA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 10 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi_Arief Nugraha_A1C014019.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB)

Abstract

Pengaruh Penggunaan Alat Peraga dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Pemahaman Konsep Tentang Sifat-sifat Segiempat dan Segitiga pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Kota Bengkulu. Skripsi Strata 1 Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu. Pembimbing Utama Della Maulidiya, S.SI, M.Kom dan Pembimbing Pendamping Drs. M Fachruddin S., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh alat peraga terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan populasi yaitu peserta didik kelas VII SMP Negeri 10 Kota Bengkulu. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling,sehingga diperoleh kelas VII.C sebagai kelas eksperimen dengan peserta didik berjumlah 31 orang yang mendapat perlakuan pembelajaran dengan pendekatan saintifik berbantuan alat peraga dan VII.B sebagai kelas kontrol dengan peserta didik berjumlah 31 orang yang hanya mendapat perlakuan pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen tes. Analisis data menggunakan uji regresi dengan data berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata siswa kelas eksperimen adalah 67,85 dan nilai rata-rata siswa kelas kontrol adalah 65,48. Hasil uji regresi diperoleh nilai Fhitung = 317.99 dan nilai Ftabel = 4,182, jadi Fhitung > Ftabel, maka dapat disimpulkan ada pengaruh penggunaan alat peraga dengan pendekatan saintifik terhadap pemahaman konsep tentang sifat-sifat segiempat dan segitiga pada siswa kelas VII SMP Negeri 10 Kota Bengkulu. Kata Kunci : Alat peraga matematika, Kemampuan pemahaman konsep, pembelajaran saintifik, Segiempat dan segitiga.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 24 Jul 2023 02:00
Last Modified: 24 Jul 2023 02:00
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13827

Actions (login required)

View Item View Item