PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII 6 SMP N 01 KOTA BENGKULU

Julian, Arif Rahmad and Hanifah, Hanifah and Yensy, Nurul Astuty (2018) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII 6 SMP N 01 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
arif skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning dengan pendekatan Saintifik di SMP Negeri 1 Kota Bengkulu pada pokok bahasan Segiempat dan Segitiga. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi aktivitas dan tes hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII 6 SMP Negeri 1 Kota Bengkulu Semester Ganjil Tahun Ajaran 2017/2018 berjumlah 33 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Discovery Learning dengan pendekatan Saintifik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Peningkatan hasil belajar matematika siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus I, siklus II dan siklus III secara berturut-turut adalah 75,84; 77,33; dan 82,36 serta ketuntasan belajar klasikal siklus I, siklus II dan siklus III secara berturut-turut adalah 69,69%; 78,78%; dan 84,84%. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat di lihat dari nilai hasil observasi aktivitas belajar matematika siswa siklus I, siklus II, dan siklus III secara berturut�turut adalah 33,33 (kriteria cukup), 41,83 (kriteria cukup) dan 49,83 (kriteria aktif). Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Pembelajaran Discovery Learning, Pendekatan Saintifik. xviii + 271 hal; 57 gbr; 20 tbl; 26 lampiran; daftar pustaka :24 (1975-2016)

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 24 Jul 2023 02:37
Last Modified: 24 Jul 2023 02:37
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13834

Actions (login required)

View Item View Item