PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 KOTA BENGKULU

Utami, Ayu Tri and Fachruddin, M. and Rusdi, Rusdi (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
ayu.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange sehingga terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika peserta didik Kelas VIII.5 di SMP Negeri 3 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi aktivitas peserta didik dan tes hasil belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah 36 peserta didik Kelas VIII.5 SMP Negeri 3 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 16 peserta didik laki-laki dan 20 peserta didik perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika. Peningkatan aktivitas dapat dilihat dari rata-rata skor observasi peserta didik siklus I, II, dan III secara berturut-turut yaitu 19,625; 23; dan 26,375. Peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas pada tes akhir siklus I, II, dan III masing-masing sebesar 66,91; 73,73; dan 81,2 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I, II, dan III berturut-turut yaitu 55,56%; 72,22%; dan 83,33%. Kata kunci : Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 24 Jul 2023 06:45
Last Modified: 24 Jul 2023 06:45
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13836

Actions (login required)

View Item View Item