PERBANDINGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DITINJAU DARI HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 14 KOTA BENGKULU

SARI, BET SRI ANITA and Maizora, Syafdi and Hanifah, Hanifah (2018) PERBANDINGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DITINJAU DARI HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 14 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI_BET SRI ANITA SARI_A1C014030.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pendekatan Matematika Realistik lebih dari hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pendekatan Saintifik di SMP Negeri 14 Kota Bengkulu pada pokok bahasan segiempat. Jenis penelitian ini adalah Quasy Eksperiment (Eksperimen Semu) dengan desain penelitian The Nonequivalent Posttest-only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 14 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2017/2018. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas VII 1 sebagai kelas Pendekatan Matematika Realistik dan VII 2 sebagai kelas Pendekatan Saintifik, serta kelas VII 3 sebagai kelas uji coba. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berupa tes akhir (posttest) yang berbentuk tes uraian. Instrumen penelitian telah divalidasi dengan uji ahli. Instrument tes akhir diujicobakan di kelas uji coba, lalu dilakukan analisis dengan uji validasi (empiris), uji reliabilitas, uji taraf kesukaran dan uji daya pembeda soal untuk memilih soal yang dianggap baik untuk dijadikan soal tes akhir. Hasil tes akhir menunjukkan kelas Pendekatan Matematika Realistik dengan jumlah siswa 29 orang, memperoleh rata-rata hasil belajar matematika 79,7931 dan varians 234,456. Sedangkan kelas Pendekatan Saintifik dengan jumlah siswa 29 orang, memperoleh rata-rata hasil belajar matematika 65,1034 dan varians 426,310. Uji prasyarat analisis dilakukan dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis uji hipotesis menggunakan uji-t untuk sampel independen, diperoleh bahwa hasil belajar matematika siswa menggunakan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) lebih dari hasil belajar matematika siswa yang menggunakan Pendekatan Saintifik di kelas VII SMPN 14 Kota Bengkulu. Kata Kunci: Hasil belajar matematika, Pendekatan Matematika Realistik, Pendekatan Saintifik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 24 Jul 2023 06:57
Last Modified: 24 Jul 2023 06:57
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13838

Actions (login required)

View Item View Item