PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 21 KOTA BENGKULU

Santri, Cici Junita and Maizora, Syafdi and Fachruddin, M. (2018) PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 21 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI CICI JUNITA SANTRI (A1C014079).pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara penerapan pembelajaran kontekstual sehingga dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik kelas VIII.2 SMP Negeri 21 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII.2 SMP Negeri 21 Kota Bengkulu tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 31 orang terdiri dari 15 peserta didik perempuan dan 16 peserta didik laki-laki. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan Pembelajaran Kontektual Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik. Peningkatan aktivitas dapat dilihat dari kegiatan pemodelan (melakukan penyelidikan mencari informasi pada alat peraga) dan masyarakat belajar (bekerja sama dalam kelompok melakukan langkah pada LKPD) dengan skor rata-rata observasi siswa siklus I, II, dan III secara berturut-turut yaitu 20, 24, 27 dengan kriteria secara berturut-turut yaitu cukup aktif, aktif, aktif. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari kegiatan konstruktivisme (menjawab pertanyaan penyelesaian masalah kontekstual), menanya (membuat pertanyaan yang relevan dengan materi), menemukan (terlibat aktif dalam menemukan penyelesaian masalah kontekstual) dan refleksi (mampu membuat kesimpulan mengenai materi yang disajikan) dengan nilai rata-rata kelas tes siklus I, II dan III secara berturut-turut 68, 74, 78 dengan ketuntasan klasikal pada siklus I, II, dan III secara berturut-turut yaitu 58,06%; 70,96%; 83,87%. Kata kunci : Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Pembelajaran Kontekstual, Lembar Kerja Peserta Didik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 24 Jul 2023 07:05
Last Modified: 24 Jul 2023 07:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13840

Actions (login required)

View Item View Item