Fenomena Kehidupan Lanjut Usia Terlantar yang Ditinggal Anak Kandung Desa Sukamakmur Kecamatan Giri Mulya Kabupaten Bengkulu Utara

STYA RINI, SRI (2016) Fenomena Kehidupan Lanjut Usia Terlantar yang Ditinggal Anak Kandung Desa Sukamakmur Kecamatan Giri Mulya Kabupaten Bengkulu Utara. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (thesis)
pdf baru skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (917kB)

Abstract

Penelitian bertujuan mengetahui masalah keterlantran lanjut usia yang ditinggal anak kandung dan faktor-faktor penyebab lajut usia terlantar. Data diperoleh melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif melalui proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Informan penelitian yaitu keluarga lanjut usia terlantar yang ditinggal anakanaknya. Penelitian menghasilkan keluarga lanjut usia ditinggal hidup mandiri dan pergi merantau oleh anak-anaknya, sehingga mengakibatkan munculnya kemiskinan dan keterlantaran pada keluarga lanjut usia. Semakin bertambah usia orangtua rentan terhadap berbagai macam penyakit seperti diabetes, asma, hyperetensi, asam urat dan migran, yang membutuhkan bantuan perawatan dari anak-anaknya. Ada pun faktor penyebab lanjut usia terlantar yaitu (1) adanya perubahan struktur keluarga dari keluarga luas berubah menjadi keluarga inti berdampak pada kehidupan orangtua lanjut usia, (2) kurang berfungsinya lembaga desa dalam membangkitkan keperdulian anatar sesama masyarakat, (3) berubahanya masyarakat desa solidaritas menjdai individual, (4) bantuan dari pemerintah untuk lanjut usia terlantar saat ini belum mampu menjangkau area pedesaan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Sociology
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 02 Nov 2017 04:21
Last Modified: 02 Nov 2017 04:21
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13841

Actions (login required)

View Item View Item