PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN TWO STAY-TWO STRAY (TS-TS) DI KELAS VII SMPN 17 KOTA BENGKULU

Adisaputra, Dandi and Yensy, Nurul Astuty and Herawaty, Dewi (2018) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN TWO STAY-TWO STRAY (TS-TS) DI KELAS VII SMPN 17 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Dandi Adisaputra.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) lebih dari hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Two Stay-Two Stray (TS-TS) di kelas VII SMPN 17 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 17 Kota Bengkulu, dengan kelas VII F sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan kelas VII E sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran Two Stay-Two Stray (TS-TS). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes hasil belajar (posttest) berupa soal essai. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model Numbered Head Together (NHT) sama dengan hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran Two Stay-Two Stray (TS-TS). Hal ini ditunjukkan dengan uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh thitung = 1,177 dan ttabel= 2,004 dengan a = 0,05. Karena thitung < ttabel maka disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) sama dengan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Two Stay-Two Stray (TS-TS) di kelas VII SMPN 17 Kota Bengkulu. Kata Kunci : Eksperimen, Hasil belajar, Himpunan, Numbered Head Together, Two Stay-Two Stray.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 24 Jul 2023 07:23
Last Modified: 24 Jul 2023 07:23
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13849

Actions (login required)

View Item View Item