PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN SOAL OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP N 18 KOTA BENGKULU

Agustina, Dessy and Rahimah, Dewi and Maizora, Syafdi (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN SOAL OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP N 18 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
pdf SKRIPSI DESSY AGUSTINA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui cara meningkatkan aktivitas, hasil belajar, serta respon siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan soal open ended. Penelitian ini merupakan tindakan penelitian terhadap suatu Kelas dengan tehnik pengumpulan data melalui lembar observasi aktivitas, tes hasil belajar, serta angket respon siswa. Subjek dalam penelitian adalah Kelas VIII.8 SMP N 18 Kota Bengkulu tahun ajaran 2016/2017 berjumlah 34 siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas peserta didik yang dilakukan dengan membentuk kelompok belajar, mengggunakan soal open ended, serta memotivasi untuk aktif bertanya. Peningkatan aktivitas dilihat dari skor rata-rata observasi aktivitas peserta didik pada siklus I sampai siklus III yaitu 15,13 (kurang aktif); 22,3 (cukup aktif); 26,1 (aktif). Hasil belajar peserta didik ditingkatkan dengan mengaitkan materi pada kehidupan sehari-hari, serta membimbing dalam mengerjakan latihan soal. Peningkatan hasil belajar dilihat dari nilai rata-rata peserta didik pada siklus I sampai siklus III yaitu 77,5; 82,2; 84,0 dengan persentase ketuntasan belajar yaitu 67,6%; 91,2%; 82,4%. Respon peserta didik ditingkatkan dengan membimbing mengerjakan soal open ended agar lebih tertarik dan antusias dalam belajar, serta memotivasi untuk membiasakan diri belajar dirumah. Peningkatan respon dilihat dari skor rata-rata respon peserta didik pada siklus I sampai siklus III yaitu 22,62 (rendah); 33,94 (cukup tinggi); 41,71 (sangat tinggi). Kata Kunci : Aktivitas Siswa, hasil belajar siswa, pembelajaran kooperatif tipe TPS, soal open ended, respon.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 24 Jul 2023 07:34
Last Modified: 24 Jul 2023 07:34
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13852

Actions (login required)

View Item View Item