Widaryanti, Dewi and Herawaty, Dewi and Muchlis, Effie Efrida (2017) PEMANFAATAN KECERDASAN MAJEMUK (MULTIPLE INTELLIGENCES) PADA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 10 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
A1C013021_DEWI WIDARYANTI_(Skripsi).pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (16MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara memanfaatkan kecerdasan majemuk (Multiple Intelligences) pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Bengkulu Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018. Tahapan-tahapan yang digunakan dalam PTK yakni, perencanaan pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 10 Kota Bengkulu yang berjumlah 23 siswa. Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi bahasa angket tes kecerdasan majemuk (Multiple Intelligences), lembar angket tes kecerdasan majemuk (Multiple Intelligences), lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar tes hasil belajar. Berdasarkan hasil tes kecerdasan majemuk diperoleh enam kecerdasan yang dominan dikelas VIII C SMP Negeri 10 Kota Bengkulu yakni kecerdasan interpersonal, kecerdasan kinestetik, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan logika�matematika, kecerdasan visual-spasial, dan kecerdasan kinestetik. Peningkatan aktivitas siswa dapat dilihat dari rata-rata skor pada lembar observasi aktivitas belajar siswa siklus I hingga siklus III yakni 16.5 (kriteria kurang aktif), 24 (kriteria aktif), 25.5 (kriteria aktif). Dari hasil analisis hasil belajar siswa, nilai rata-rata siswa siklus I hingga siklus III berturut-turut yakni 68.63; 67.88; dan 89.30. Sedangkan presentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 56.52% meningkat menjadi 60.87% pada siklus II dan meningkat hingga mencapai 91.30% pada siklus III. Kata Kunci: Multiple Intelligences, Student Team Achievement Division, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 07:42 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 07:42 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13854 |
Actions (login required)
View Item |