PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI DENGAN TPS PADA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PONDOK KELAPA

Siagian, Elisabet and Hanifah, Hanifah and Rusdi, Rusdi (2018) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI DENGAN TPS PADA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PONDOK KELAPA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI ELISABET SIAGIAN(A1C014071).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (25MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih dari hasil belajar matematika siswa yang menggunakan TPS pada materi bangun ruang sisi datar prisma dan limas kelas VIII SMP Negeri 1 Pondok Kelapa. Jenis Penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Quasi Eksperimen dengan teknik pengumpulan data melalui tes akhir (Posttest) Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pondok Kelapa tahun ajaran 2017/2018. Sampel penelitian ditentukan secara Simple random sampling sehingga diperoleh kelas VIII A sebagai kelas eksperimen 1 yang berjumlah 31 siswa dan VIII B sebagai kelas eksperimen 2 yang berjumlah 30 siswa. Kelas eksperimen 1 pembelajarannya dilaksanakan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI sedangkan kelas eksperimen 2 pembelajarannya dilaksanakan menggunakan model pemeblajaran kooperatof tipe TPS. Data hasil penelitian dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI sama dengan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan TPS pada taraf signifikansi 5%, dengan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 1 adalah 71,90 dan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 2 adalah 66,63. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif tipe TAI, Model Pembelajaran Kooperatif tipe TPS

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 24 Jul 2023 07:52
Last Modified: 24 Jul 2023 07:52
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13857

Actions (login required)

View Item View Item