PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP NEGERI 3 KOTA BENGKULU

Hasibuan, Evilia and Muchlis, Effie Efrida and Yensy, Nurul Astuty (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP NEGERI 3 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi_Evilia Hasibuan_A1C014049.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Bengkulu yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan menggunakan prosedur pengembangan 4-D yang dibatasi sampai tahap ketiga yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop) yang terdiri dari uji validitas, uji kepraktisan dan uji efektifitas LKPD. Validasi LKPD dilakukan oleh empat validator terdiri dari dua orang dosen Pendidikan Matematika Universitas Bengkulu, satu orang guru mata pelajaran matematika SMP Negeri 3 Kota Bengkulu dan satu orang guru mata pelajaran matematika SMP Negeri 10 Kota Bengkulu. Kepraktisan LKPD diujikan kepada 9 peserta didik kelas VIII.3. Efektifitas LKPD diuji pada peserta didik kelas VIII.6, berjumlah 34 peserta didik. Istrumen penelitian ini adalah lembar validitas, lembar kepraktisan dan lembar efektifitas LKPD. Semua data dikumpulkan dan dianalisis kevalidan, kepraktisan dan keefektifan LKPD. Hasil penelitian menunjukan: a. LKPD dengan Pendekatan PMR pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Bengkulu termasuk dalam kategori sangat valid dengan skor rata-rata 0,87. b. LKPD dengan Pendekatan PMR pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Bengkulu termasuk dalam kategori sangat praktis dengan skor rata-rata 4,54. c. LKPD dengan Pendekatan PMR pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Bengkulu termasuk dalam kategori sangat efektif dengan skor rata-rata 4,68. Kata Kunci : Penelitian Pengembangan, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR)

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 24 Jul 2023 07:56
Last Modified: 24 Jul 2023 07:56
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13859

Actions (login required)

View Item View Item