ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI PENGUKURAN WAKTU KELAS V SD NEGERI 16 KOTA BENGKULU

S, Pebri Daniel and Susanta, Agus and Rahimah, Dewi (2018) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI PENGUKURAN WAKTU KELAS V SD NEGERI 16 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI PENGUKURAN WAKTU KELAS V SD NEGERI .pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan dan faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaiakan soal pada materi pengukuran waktu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah 31 siswa-siswi kelas V Semester ganjil tahun 2016/2017. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar tes dan wawancara. Analisis data menggunakan Validitas,Reliabilitas,Tingkat Kesukaran Soal, dan Daya Pembeda Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa melakukan kesalahan : (1) Sebanyak 7 orang dari 31 orang siswa melakukan kesalahan menuliskan dalam notasi waktu 24 jam, (2) Sebanyak 5 orang dari 31 orang siswa melakukan kesalahan menuliskan dalam notasi waktu 12 jam, (3) sebanyak 27 orang dari 31 orang siswa melakukan kesalahan dalam menentukan hubungan satuan waktu jam,menit dan detik, (4) sebanyak 27 orang siswa melakukan kesalahan dalam melakukan operasi hitung antar satuan waktu jam, menit dan detik, (5) sebanyak 29 orang siswa melakukan kesalahan dalam menentukan hubungan satuan waktu hari, jam, menit dan melakukan operasi hitung, (6) sebanyak 21 orang siswa melakukan kesalahan dalam menentukan hubungan satuan waktu abad, dasawarsa, windu, tahun dan melakukan operasi hitung, (7) sebanyak 17 orang melakukan kesalahan dalam menentukan hubungan satuan waktu tahun,bulan,minggu,hari dan melakukan operasi hitung. Faktor penyebab terjadinya kesalahan karena siswa: tidak paham dalam menyatakan dalam notasi waktu 24 jam, tidak teliti menuliskan dalam bentuk 12 jam, tidak dapat mengkonversi antar tiap satuan waktu, tidak teliti dalam melakukan operasi hitung pengurangan, tidak paham mengubah antar tiap satuan dan tidak memahami penjumlahan dalam bentuk bilangan desimal, terburu-buru dalam mengerjakan soal sehingga tidak salah dalam mlakukan operasi hitung pengurangan, tidak teliti dalam mengubah antar tiap satuan waktu. Kata Kunci: Analisis, Kesalahan, Pengukuran Waktu

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 24 Jul 2023 08:04
Last Modified: 24 Jul 2023 08:04
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13863

Actions (login required)

View Item View Item