PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE PRE SOLUTION POSING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 09 KOTA BENGKULU

Ridasari, Guci and Muchlis, Effie Efrida and Maizora, Syafdi (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE PRE SOLUTION POSING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 09 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran problem posing tipe pre solution posing di kelas VII SMPN 9 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII E SMPN 9 Kota Bengkulu yang berjumlah 22 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas dan tes hasil belajar peserta didik. Aktivitas belajar peserta didik ditingkatkan dengan cara sistem pembelajaran individu dan pemberian lembar soal. Peningkatan aktivitas belajar peserta didik dapat dilihat dari skor rata-rata aktivitas peserta didik dari siklus I sampai siklus III yaitu: 16,63 (cukup aktif), 23,00 (cukup aktif), 26,13 (aktif). Sedangkan hasil belajar peserta didik dapat ditingkatkan dengan cara memberikan contoh soal berdasarkan model pembelajaran problem posing tipe pre solution posing, membahas contoh soal bersama-sama serta membimbing peserta didik yang masih mengalami kesulitan dalam membuat dan menjawab soal pada pembelajaran. Peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari peningkatan nilai rata�rata peserta didik dari siklus I sampai siklus III, yaitu: 63,13; 73,45; 84,17 dengan persentase ketuntasan hasil belajar klasikal dari siklus I sampai siklus III yaitu: 45%; 67%; 86%. Kata Kunci: Problem Posing Tipe Pre Solution Posing: Aktivitas peserta didik; Hasil Belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 24 Jul 2023 08:11
Last Modified: 24 Jul 2023 08:11
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13868

Actions (login required)

View Item View Item