Agustika, Hardini and Maulidiya, Della and M, Fachruddin (2018) PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
SKRIPSI_HARDINI AGUSTIKA.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (17MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan pendekatan kontekstual agar terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika peserta didik Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi aktivitas, penilaian sikap, dan tes hasil belajar. Tahap-tahap yang dilakukan dalam PTK adalah : (1) Perencanaan Tindakan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) Pengumpulan Data, dan (4) Refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 15 Kota Bengkulu. Penelitian ini menunjukkan penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar matematika peserta didik. Aktivitas peserta didik ditingkatkan dengan cara memotivasi peserta didik untuk menumbuhkan minat belajar, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berpendapat dan mengemukakan pengetahuan yang dimilikinya. mengarahkan peserta didik membaca dengan teliti langkah-langkah kegiatan yang tertulis dalam lembar panduan aktivitas, membimbing peserta didik untuk menemukan pengalaman belajar menggunakan lembar panduan aktivitas dengan bantuan alat peraga, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mendemonstrasikan hasil dari pengalaman belajar dan menanggapi hasil kerja peserta didik lain. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat dilihat dari rata-rata skor pada lembar observasi aktivitas belajar siswa siklus I sampai siklus III secara berturut-turut: 20,75 (kriteria cukup); 24,63 (kriteria aktif), dan 28,88 (kriteria aktif). Sementara hasil belajar peserta didik dapat ditingkatkan dengan cara memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk membantu peserta didik menyelesaikan permasalahan yang diberikan, memberikan kesempatan pada peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang belum mereka pahami saat proses belajar mengajar berlangsung, dan memberikan soal-soal latihan. Peningkatan hasil belajar matematika siswa dapat dilihat dari rata-rata nilai akhir siswa siklus I sampai siklus III yaitu : 64,9 ; 73,4 ; dan 78,4 dengan ketuntasan belajar klasikal 43,3%; 70,0%; dan 76,7 %. Kata Kunci : Pendekatan Kontekstual, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 08:19 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 08:19 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13871 |
Actions (login required)
View Item |