PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 KOTA BENGKULU

Wulandari, Hesti and Hanifah, Hanifah and Syafdi, Maizora (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
hesti wulandari A1C014058 - Skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Saintifik untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas VIII SMPN 2 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah Quasy Eksperiment (Eksperimen Semu) dengan desain penelitian The Nonequivalent Posttest-only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes hasil belajar (posttest) berupa soal essai. Untuk analisis data menggunakan uji-t dengan data berdistribusi normal dan homogen. Nilai rata-rata kelas ekspetimen adalah 84,56 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 79,69. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Saintifik lebih tinggi dari hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran Saintifik. Hal ini ditunjukkan dengan uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh = 2,402 dan = 1,996 dengan α = 0,05. Karena > maka disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Saintifik untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas VIII SMPN 2 Kota Bengkulu. Kata Kunci : Eksperimen, Hasil belajar, Lingkaran, Problem Based Learning, Saintifik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 24 Jul 2023 08:31
Last Modified: 24 Jul 2023 08:31
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13877

Actions (login required)

View Item View Item