PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MATEMATIKA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK GARIS SINGGUNG LINGKARAN KELAS VIII DI SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU

Sari, Intan Permata and Maulidiya, Della and Agus, Susanta (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MATEMATIKA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK GARIS SINGGUNG LINGKARAN KELAS VIII DI SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI FKIP MATEMATIKA_INTAN PERMATA SARI_A1C014029.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (21MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik matematika berbasis model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk garis singgung lingkaran kelas VIII di SMP Negeri 11 Kota Bengkulu yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan memodifikasi prosedur 4-D Thiagarajan menjadi 3 Tahapan yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop) yang terdiri dari uji validitas, uji kepraktisan, dan uji efektifitas. Validasi LKPD dilakukan oleh dua orang validator. Kepraktisan LKPD diuji pada lima belas peserta didik kelas VIII C SMP Negeri 11 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2017/2018. Efektifitas LKPD diuji pada tiga puluh dua peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 11 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2017/2018. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validitas LKPD, lembar kepraktisan LKPD, dan lembar efektifitas LKPD. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Garis Singgung Lingkaran Kelas VIII di SMP Negeri 11 Kota Bengkulu termasuk dalam kategori : (a) sangat valid berdasarkan aspek materi, konstruksi dan bahasa dengan skor rata-rata 113, (b) sangat praktis dengan skor rata-rata 51,09, (c) efektif berdasarkan : (1) aktivitas peserta didik dengan skor rata-rata 30,17 dalam kategori sangat baik; (2) aktivitas pendidik dengan skor rata-rata 34,5 dalam kategori sangat baik; (3) respon peserta didik dengan skor rata-rata 43,76 dalam kategori sangat baik; dan (4) hasil belajar peserta didik mencapai ketuntasan klasikal 93,75%. Kata Kunci : Inkuiri Terbimbing, Lembar Kerja Peserta Didik, Penelitian Pengembangan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 24 Jul 2023 08:41
Last Modified: 24 Jul 2023 08:41
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13882

Actions (login required)

View Item View Item